Kompas.com - 06/07/2021, 09:04 WIB
Ilustrasi air purifier dengan HEPA filter di dalam ruangan bisa mencegah penyebaran Covid-19. ShutterstockIlustrasi air purifier dengan HEPA filter di dalam ruangan bisa mencegah penyebaran Covid-19.

KOMPAS.com - Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Centers of Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa air purifier dengan HEPA filter mampu mengurangi risiko penularan Covid-19 melalui aerosol.

Di Indonesia, sebenarnya sudah tersedia berbagai produk yang memiliki HEPA filter, termasuk air purifier atau pembersih udara. Artikel ini akan membahas tentang HEPA filter dan bagaimana filter ini bisa mencegah penularan Covid-19

Apa itu HEPA filter

HEPA filter adalah penyaring udara berbentuk lipatan-lipatan. HEPA merupakan singkatan dari high efficiency particulate air. Secara teori, filter ini menyaring hingga 99,97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri, dan partikel udara berukuran 0,3 mikron.

Filter ini bermanfaat untuk menyaring udara dan membersihkan permukaan dari debu dan partikel-partikel yang memicu alergi.

HEPA filter banyak digunakan pada produk rumah tangga yang berkaitan dengan udara, seperti pembersih udara, dan vacuum cleaner.

Baca juga: Kabar Baik, Air Purifier HEPA Filter dan Masker Efektif Cegah Covid-19

Sejarah HEPA Filter

Teknologi ini pertama kali diciptakan sekitar tahun 1940an untuk melindungi pekerja di fasilitas nuklir dari menghidup partikel yang terradiasi.

Selanjutnya pada 1960an, filter ini mulai digunakan di rumah sakit untuk mencegah infeksi nosokomial. Infeksi nosokomial adalah infeksi yang terjadi di rumah sakit dari pasien ke pasien yang lain. Barulah akhirnya filter ini digunakan diberbagai perangkat rumah tangga.

Baca juga: 5 Kesalahan Memakai Masker yang Harus Dihindari

Bisa mengurangi alergi

Penderita asma dan alergi seringkali mudah kambuh karena debu, serbuk sari, dan partikel udara lainnya. Jika kambuh, gejala yang muncul antara lain bersin-bersin, mata berair, sakit tenggorokan, dan kesulitan bernapas.

Partikel-partikel pemicu alergi tersebut memiliki ukuran lebih besar dari 0,3 mikron sehingga dengan mudah tersaring di dalam HEPA filter. Sehingga, penggunaan filter ini di rumah bisa membantu meredakan gejala alergi dan asma.

HEPA filter untuk Covid-19

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang menyebar melalui droplet dan aerosol saat seseorang bernapas, batuk, bicara, dan bernyanyi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.