Mengapa Cahaya Matahari yang Terang Membuat Kita Bersin?

05/07/2021, 10:03 WIB
Mengapa cahaya matahari yang terang membuat saya bersin? - Orlo, usia 5

Oleh: David Farmer

Hi Orlo,

Terima kasih atas pertanyaan kamu yang menarik. Orang-orang yang sangat cerdas telah bertanya-bertanya tentang pertanyaan ini selama ribuan tahun.

Sejujurnya, Orlo, tidak ada yang tahu pasti mengapa ini terjadi. Tapi itu mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa sinyal dari mata dan hidung kamu menuju ke bagian otak yang sama.

Mari saya jelaskan.

Pusat bersin

Hidung kamu dapat digunakan untuk mencium dan bernapas. Tapi terkadang, sesuatu masuk ke hidung kita yang seharusnya tidak ada.

Daftar sesuatu yang seharusnya tidak ada di hidung kita sangat panjang, jadi saya tidak akan memasukkan semuanya di sini. Tapi itu termasuk barang seperti kacang polong, jagung manis dan Lego, serta virus dan bakteri, yang merupakan kuman kecil yang terkadang membuat kita sakit.

Baca juga: Menahan Bersin hingga Berbisik, 7 Kebiasaan Berbahaya bagi Tubuh

Ketika kamu memiliki sesuatu di hidung kamu yang seharusnya tidak ada, yang terbaik adalah menghubungi “pusat bersin”. Pusat bersin adalah tempat di otak kamu yang membuat bersin. Itu ada di batang otak kamu, yang ada di bagian bawah otak.

Hal ini dapat dilakukan karena berisi instruksi tentang cara mengaktifkan otot-otot pernapasan Anda dalam urutan yang benar untuk menghasilkan bersin.

Jadi, sementara Anda mungkin berpikir bersin sebagai sesuatu yang terjadi di dalam hidung Anda, banyak yang terjadi di dalam otak Anda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.