Kompas.com - 05/07/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi air purifier HEPA filter dan pemakaian masker dalam mencegah paparan aerosol. Shutterstock/Yuttana JaowattanaIlustrasi air purifier HEPA filter dan pemakaian masker dalam mencegah paparan aerosol.

KOMPAS.com - Penelitian terbaru mengungkap bahwa penggunaan air purifier HEPA (high efficiency particulate air) filter dengan masker di dalam ruangan efektif menurunkan risiko Covid-19.

Air purifier HEPA filter menurunkan risiko paparan aerosol simulasi Covid-19 di dalam ruangan hingga 65 persen.

Dan jika kita menggunakan masker di ruangan tertutup yang dilengkapi pembersih udara dengan HEPA filter dapat menurunkan risiko hingga 90 persen.

Baca juga: Virus Corona Menyebar di Udara, Partikel Aerosol Covid-19 seperti Asap Rokok

Penelitian

Seperti kita tahu, virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dapat menyebar melalui paparan percikan pernapasan (droplets) dan aerosol (tetesan pernapasan yang sangat kecil) yang dapat menempel di udara selama berjam-jam.

Aerosol dan droplets ini muncul saat seseorang batuk, bernyanyi, berbicara, atau menghembuskan napas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona saat ini pun harus diperketat, mengingat munculnya varian-varian baru yang sangat menular.

Selain melakukan 5M, meningkatkan ventilasi juga perlu dilakukan.

Untuk diingat lagi, 5M yaitu menjaga jarak, memakai masker dobel, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, sistem ventilasi dapat ditingkatkan dengan menambah pembersih udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) di dalam ruangan.

Pasalnya, pembersih udara HEPA dapat mengurangi jumlah partikel infeksius di udara dan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap virus corona. Apalagi jika ditambah dengan pemakaian masker.

Halaman:


Sumber CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.