Kompas.com - 01/07/2021, 19:30 WIB
Tangkapan layar dari video viral tentang pembuatan aerator akuarium sebagai alat oksigen untuk pasien Covid-19. Tangkapan layar video viral aerator.Tangkapan layar dari video viral tentang pembuatan aerator akuarium sebagai alat oksigen untuk pasien Covid-19.


KOMPAS.com - Beredar video yang viral tentang penggunaan aerator akuarium untuk dipakai untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Menyusul lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia, menyebabkan banyak rumah sakit kekurangan tabung oksigen. Banyak pasien Covid-19 yang datang dengan kondisi sesak napas dan membutuhkan oksigen.

Banyaknya pasien Covid-19 yang membludak di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, membuat ketersediaan oksigen menjadi semakin berkurang.

Sebuah video viral, menunjukkan cara menggunakan alat yang biasa digunakan atau dipasang di akuarium atau kolam ikan, yang disebut aerator.

Aerator adalah alat untuk membantu melarutkan oksigen dari udara ke dalam air kolam atau akuarium.

Baca juga: Seperti Apa Kondisi Pasien Covid-19 yang Butuh Tabung Oksigen?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dalam video berdurasi 5 menit 13 detik itu menunjukkan dua mesin aerator, yang dilengkapi dengan satu botol air mineral dan selang bening. Pria di dalam video tersebut menunjukkan cara mengubah aerator menjadi alat yang bisa digunakan untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Terkait video viral aerator untuk bantu oksigen pasien Covid-19 tersebut, peneliti ventilator Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) angkat bicara menjelaskan tentang aerator tersebut.

Koordinator Kelompok Penelitian Otomasi Industri, Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI, Hendri Maja Saputra mengatakan bahwa ia dan timnya sudah mencoba bereksperimen menggunakan alat seperti yang ditampilkan dalam video tersebut.

"Hasilnya tidak benar (menghasilkan oksigen yang bisa digunakan untuk pasien Covid-19)," kata Hendri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Artinya, aerator atau alat yang dibuat dalam video viral tersebut, yang diklaim dapat digunakan pada pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen, menunjukkan bahwa fraksi oksigen yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Bisakah Tabung Oksigen Bantu Antisipasi Gejala Memburuk Pasien Covid-19?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.