Kompas.com - 30/06/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi dinosaurus punah sebelum dihantam asteroid pada 66 juta tahun yang lalu. Jorge Gonzalez via NEWSCIENTISTIlustrasi dinosaurus punah sebelum dihantam asteroid pada 66 juta tahun yang lalu.


KOMPAS.com - Selama ini punahnya dinosaurus dipercaya disebabkan oleh asteroid besar yang menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu.

Tubrukan itu memicu serangkaian kerusakan yang salah satu akibatnya menghalangi sinar matahari sampai ke permukaan planet. Akibatnya suhu permukaan Bumi turun dan membinasakan dinosaurus.

Namun hal tersebut masih diperdebatkan oleh para ahli. Apakah memang kepunahan dinosaurus terjadi tiba-tiba berbarengan dengan tubrukan asteroid tersebut atau secara bertahap.

Dan kini, sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature Communications mengungkapkan temuan lain terkait kepunahan dinosaurus itu.

Baca juga: Asteroid Pembunuh Dinosaurus Bantu Ciptakan Hutan Hujan, Kok Bisa?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut studi yang dilakukan oleh tim peneliti internasional tersebut, dinosaurus telah mengalami penurunan jumlah selama sepuluh juta tahun sebelum adanya hantaman asteorid ke Bumi.

Hal tersebut memberikan bukti tambahan bahwa dinosaurus sudah berada di ambang kepunahan sebelum bencana asteroid.

"Skenario alternatif adalah keragaman dinosaurus tak terlalu tinggi dan justru rendah sebelum terjadinya tubrukan asteroid," ungkap Fabien Condamine dari Institute of Evolutionary Science of Montpellier di Perancis, seperti dikutip dari New Scientist, Rabu (30/6/2021).

Temuan tersebut didapat setelah peneliti menganalisis data yang terkait dengan 1.600 fosil dinosaurus dan menggunakan informasi tersebut untuk memodelkan tren keanekaragaman.

Baca juga: Dinosaurus Setinggi Gedung Berlantai Dua, Salah Satu Makhluk Terbesar di Bumi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.