Kompas.com - 30/06/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi dinosaurus punah sebelum dihantam asteroid pada 66 juta tahun yang lalu. Jorge Gonzalez via NEWSCIENTISTIlustrasi dinosaurus punah sebelum dihantam asteroid pada 66 juta tahun yang lalu.

KOMPAS.com - Selama ini punahnya dinosaurus dipercaya disebabkan oleh asteroid besar yang menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu.

Tubrukan itu memicu serangkaian kerusakan yang salah satu akibatnya menghalangi sinar matahari sampai ke permukaan planet. Akibatnya suhu permukaan Bumi turun dan membinasakan dinosaurus.

Namun hal tersebut masih diperdebatkan oleh para ahli. Apakah memang kepunahan dinosaurus terjadi tiba-tiba berbarengan dengan tubrukan asteroid tersebut atau secara bertahap.

Dan kini, sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature Communications mengungkapkan temuan lain terkait kepunahan dinosaurus itu.