Kompas.com - 29/06/2021, 13:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pemberian vaksin Covid-19 di Indonesia telah dilaksanakan sejak 13 Januari 2021 dengan Presiden Joko Widodo sebagai orang pertama yang mendapatkan vaksin.

Vaksinasi ini dilaksanakan dengan tujuan menurunkan risiko infeksi virus corona melalui pembentukan antibodi dalam tubuh dan memicu respons kekebalan tubuh.

Jika antibodi sudah terbentuk, ketika ada virus yang masuk ke tubuh, antibodi akan merespons dan memberikan perlindungan.

Meski vaksin memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari Covid-19, tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Ada beberapa kelompok yang tidak bisa mendapatkan vaksin Covid-19, salah satunya adalah orang dengan penyakit saluran pencernaan kronis.

Baca juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Kopi?

Penyakit saluran pencernaan kronis yang dimaksud adalah celiac disease dan penyakit radang usus yang dibadi menjadi dua, yakni kolitis ulseratif dan chron’s disease.

Penyakit tersebut merupakan penyakit autoimun di saluran pencernaan. Untuk pasien penyakit autoimun, bicaralah terlebih dahulu dengan dokter sebelum melaksanakan vaksinasi.

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI), orang dengan penyakit autoimun di saluran pencernaan menggunakan obat-obatan imunosupresan dari dokter dan tidak masalah jika mendapatkan vaksin Covid-19.

Namun, respons imun yang muncul bisa tidak seperti yang diharapkan sehingga konsultasi dengan dokter sebelum vaksinasi sangat penting bagi penderita penyakit autoimun.

Sementara itu, orang yang menderita penyakit asam lambung diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19, sebagaimana dilansir dari Yayasan Gastroenterologi Indonesia (YGI).

Baca juga: 3 Obat Asam Lambung yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.