[POPULER SAINS] Hal yang Harus Dilakukan Setelah Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 | Indonesia Masuki Masa Kritis Pandemi

Kompas.com - 29/06/2021, 07:03 WIB
Petugas kesehatan merawat pasien COVID-19 di tenda darurat Rumah Sakit QIM, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Sebanyak tiga pasien COVID-19 dirawat di tenda darurat Rumah Sakit QIM Batang karena kapasitas ruang isolasi sebanyak 29 sudah penuh. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/hp. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana PutraPetugas kesehatan merawat pasien COVID-19 di tenda darurat Rumah Sakit QIM, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Sebanyak tiga pasien COVID-19 dirawat di tenda darurat Rumah Sakit QIM Batang karena kapasitas ruang isolasi sebanyak 29 sudah penuh. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/hp.

KOMPAS.com - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 membuat kita semakin mawas diri dan lebih peduli.

Banyak orang mungkin masih bingung atau justru takut, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah kontak erat dengan pasien Covid-19.

Dokter menyarankan bagi yang kontak erat dengan pasien Covid-19 untuk melakukan tes setelah masa inkubasi, yakni sekitar 5-7 hari.

Ini adalah salah satu berita populer di kanal Sains Kompas.com edisi Senin, 28 Juni 2021.

Berita populer lainnya, para ahli menilai bahwa saat ini Indonesia sedang memasuki masa kritis pandemi Covid-19. Ada 6 alasan yang mendasari penilaian tersebut.

Kemudian, berita soal berapa lama virus corona bertahan di pakaian hingga cara meningkatkan saturasi oksigen bagi yang isoman di rumah juga menjadi berita menarik lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: [POPULER SAINS] Komet Raksasa Masuki Tata Surya | Cara Pakai Masker Dobel

Berikut ulasannya:

1. Apa yang harus dilakukan setelah kontak erat dengan pasien Covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Kiki Maharani, SpPD, menjelaskan, bertatapan muka dengan orang yang positif Covid-19 selama lebih kurang 15 menit sudah termasuk dalam kontak erat.

Dalam kondisi ini, dr Kiki mengimbau agar masyarakat mewaspadai jika muncul gejala Covid-19 setelah lima hingga tujuh hari.

"(Sebab) masa inkubasinya (virus corona yang masuk ke tubuh) sekitar lima sampai tujuh hari," ungkap dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.