Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Kawah Gerbang Neraka di Kawasan Padang Pasir Turkmenistan

Kompas.com - 28/06/2021, 10:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor


KOMPAS.com - Gerbang Neraka adalah julukan untuk Kawah Darvaza yang berada di kawasan Padang Pasir Karakum, Turkmenistan. Asal usul kawah yang terus mengobarkan api ini masih menjadi misteri hingga saat ini.

Padang Pasir Karakum merupakan wilayah yang sangat panas dengan bukit pasir yang mencakup sekitar 70 persen wilayah negara di Asia Tengah itu.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Senin (28/6/2021), wilayah ini dapat dijelajahi seluas 350.000 kilometer persegi selama berhari-hari.

Luasnya kawasan ini, hingga yang terlihat hanyalah wilayah tak berujung dan lembah gurun Karakum yang tandus.

Di sisi utara gurun dapat ditemukan lubang raksasa berisi gas cair yang telah mengobarkan api selama beberapa puluh tahun, dan dikenal sebagai Gerbang Neraka.

Gerbang api yang berkobar itu, kabarnya ditemukan tahun 1971 oleh pakar geologi Uni Soviet saat membor untuk mencari minyak di padang pasir dan menemukan kantong gas alam. Akibat pengeboran itu, disebut-sebut sebagai penyebab terbentuknya tiga lubang besar.

Untuk mencegah gas metana bocor, para pakar geologi dikabarkan menyulut api pada salah satu lubang dan mereka memperkirakan api tersebut akan padam dalam beberapa minggu.

Baca juga: Kawah Bekas Benturan Asteroid 2,2 Miliar Tahun Lalu Ditemukan di Australia

 

Akan tetapi, setelah seorang penjelajah asal Kanada, George Kourounis mendatangi kawah ini pada tahun 2013, ia mengatakan tak ada dokumen yang menyebutkan tentang terbentuknya Gerbang Neraka tersebut dan bagaimana dapat terbentuk demikian.

"Saat saya lihat untuk pertama kali dan berjalan di sisi kawah, angin panas gurun serta kobaran api di kawah ini sangat terasa di wajah saya. Saya merasa, inilah tempat setan keluar," kata Kourounis kepada BBC.

Dalam ekspedisi untuk National Geographic pada tahun 2013 itu, Kourounis berusaha mencari tahu mengapa 'kobaran api permanen' ini bisa terjadi.

Pakar geologi Turkmenistan mengatakan kawah yang disebut Gerbang Neraka dengan lebar 69 meter dan kedalaman hingga 30 meter tersebut terbentuk pada tahun 1960-an, tetapi baru mengobarkan api pada tahun 1980-an.

Kendati demikian, dengan tingginya harga minyak dan gas di Turkmenistan selama masa Soviet, tampaknya catatan terkait misteri asal usul terbentuknya kawah Gerbang Neraka ini  menjadi rahasia tingkat tinggi.

Baca juga: Danau Kawah Berusia 50.000 Tahun Berubah Pink dalam Semalam, Ada Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com