Kompas.com - 26/06/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi buah dan sayuran sumber vitamin C. SHUTTERSTOCK/TATJANA BAIBAKOVAIlustrasi buah dan sayuran sumber vitamin C.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comVitamin C yang banyak ditemukan dalam buah dan sayur dikenal sebagai antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi atau menyimpan vitamin C. Oleh sebab itu, asupan vitamin C penting untuk diperhatikan.

Kebutuhan harian vitamin C adalah 90 mg. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan gusi berdarah, sering infeksi, penyembuhan luka yang lama, anemia, dan lain-lain.

Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C, berikut adalah 6 makanan yang kaya vitamin C, dilansir dari Healthline, 5 Juni 2018.

1. Jambu biji

Jambu biji merupakan makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan likopen. Dalam jambu biji terdapat 126 mg vitamin C atau 140 persen dari kebutuhan harian.

Baca juga: Konsumsi Vitamin C Ampuh Turunkan Asam Urat, Fakta atau Mitos?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah studi selama enam minggu yang melibatkan 45 orang berusia muda dan sehat menunjukkan, makan 400 gram jambu biji kupas per hari mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol total.

2. Paprika kuning

Makanan yang kaya vitamin C berikutnya adalah paprika kuning. Kadar vitamin C dalam paprika akan meningkat jika ia semakin matang.

Sekitar 75 mg paprika kuning menyediakan 137 mg vitamin C atau 152 persn dari kebutuhan harian. Jumlah ini dua kali lipat dibandingkan dalam paprika hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.