Kompas.com - 26/06/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi kebiasaan buruk bagi kesehatan freepikIlustrasi kebiasaan buruk bagi kesehatan

KOMPAS.com - Kebanyakan orang memahami beberapa kegiatan yang buruk untuk kesehatan, misalnya saja merokok, begadang, dan terlalu banyak makan makanan berlemak.

Kebiasaan ini memang tidak langsung secara instan memberikan efek pada tubuh, namun akan berakumulasi dalam jangka waktu yang lama.

Namun, ternyata ada beberapa hal yang mungkin sering Anda lalukan sehari-hari yang ternyata memberi efek tidak baik pada tubuh. Dilansir dariVery Well Health, berikut daftar kebiasaan buruk bagi kesehatan yang tidak Anda sadari.

Baca juga: Studi Baru Sebut Stres Memang Bisa Sebabkan Rambut Beruban

Mengingat kejadian yang membuat stres

Memikirkan kejadian yang sudah lampau tidak baik bagi kesehatan mental Anda. Baik itu kejadian 5 menit lalu ataupun 5 tahun lalu.

Sebuah studi tahun 2017 menyebutkan bahwa memikirkan suatu kejadian yang sudah lewat secara terus menerus akan memicu seseorang terkena depresi. Bijaklah dalam memikirkan masalah Anda yang sudah berlalu.

Daripada terus memikirkan hal yang tidak bisa Anda ubah, sebaiknya Anda menggunakan waktu Anda untuk merencanakan masa depan Anda bisa merencanakan untuk melakukan hal yang menyenangkan seperti liburan atau sekedar berpiknik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan, Bisa Kurangi Stres

Curhat

Curhat atau curahan hati adalah salah satu hal yang sering dilakukan seseorang jika ada masalah. Mereka menganggap bahwa dengan menceritakan masalahnya kepada teman atau keluarga yang mereka percaya akan membuat mereka lebih lega.

Namun, penelitian berkata lain. Sebuah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa ternyata menceritakan masalah kita kepada orang lain justru akan meningkatkan emosi negatif seseorang. Selain itu, sikap ini juga memicu seseorang untuk mengalami depresi.

Mengkritik diri sendiri

Mengkritik diri sendiri terhadap setiap kekurangan yang Anda miliki berakibat buruk untuk kesehatan mental Anda. Sebaliknya, self compassion adalah sikap yang baik untuk psikologis Anda.

Self compassion adalah sikap menerima dan terbuka terhadap kekurangan yang dimiliki oleh diri serta sikap mengasihi diri sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.