Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Stres, Berikut 6 Cara agar Tetap Bahagia di Masa Pandemi

Kompas.com - 26/06/2021, 08:10 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini berita mengenai perkembangan pandemi Covid-19 sedang tidak baik-baik saja. Bahkan, mulai banyak yang sampai harus meng-unfollow beberapa akun berita di media sosial karena takut terhadap berita terbaru kondisi pandemi di Indonesia yang semakin parah.

Mereka beranggapan jika terus mengikuti update berita akan membuat khawatir berlebih dan bisa menurunkan imunitas tubuh. Lantas, bagaimana cara agar tetap bahagia di masa pandemi agar imun terjaga? Simak pembahasan berikut ini.

Merapikan tempat tidur

Merapikan tempat tidur adalah hal yang sepele, tetapi ternyata berdampak besar untuk kebahagiaan Anda. Jika Anda telah lelah akan kegiatan harian Anda lalu ingin beristirahat sejenak tetapi kasur Anda berantakan, suasana hati Anda mungkin akan semakin runyam.

Berbeda jika kondisi kasur Anda dalam keadaan rapi, ini akan membuat suasanya hati Anda lebih nyaman.

Baca juga: Studi Baru Sebut Stres Memang Bisa Sebabkan Rambut Beruban

Jaga diri

Jaga diri yang paling penting memang menjaga kesehatan. Namun, menjaga kesehatan tidak cuma soal makan makanan bergizi, olahraga, dan istirahat cukup saja. Lebih dari itu, Anda perlu memperhatikan kebutuhan mental Anda.

Untuk mengurangi kekhawatiran, Anda bisa membatasi waktu untuk membaca berita harian. Misalnya, Anda membatasi membaca berita 1 jam dalam sehari. Selain itu, Anda bisa melakukan hal yang lainnya.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga diri, atau istilah barunya self care, adalah membaca buku. Anda mungkin memiliki beberapa buku yang sudah Anda beli namun belum sempat dibaca. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk membacanya.

Membuat jurnal bersyukur juga terbukti baik untuk kesehatan mental serta membuat Anda lebih bahagia. Setiap sebelum tidur, tulislah di buku atau aplikasi catatan di ponsel Anda mengenai 3 hal yang Anda syukuri hari itu. Suat saat, jika Anda merasa sedih atau khawatir, coba baca ulang buku catatan Anda.

Meningkatkan imun

Meningkatkan imun bisa dicapai dengan melalukan hal-hal seperti yang sudah kita bahas di atas. Anda bisa berolahraga secara rutin, makan makanan bergizi, serta istirahat cukup. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa semua ini bisa membantu Anda merasa lebih bahagia.

Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara untuk meredakan stress, terutama di masa pandemi. Secara ilmiah, meditasi mampu menurunkan kadar hormon adrenalin dan kortisol yang berperan saat kita merasa khawatir atau takut.

Lakukanlah meditasi ringan setiap Anda bangun dan sebelum tidur. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya kapan saja saat dibutuhkan.

Masak makanan Anda sendiri

Mungkin sebelum pandemi Anda tidak selalu berada di dapur untuk memasak sendiri makanan Anda. Di masa pandemi seperti ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Anda bisa mencoba resep baru atau resep makanan kesukaan Anda.

Fokus dengan kegiatan di dapur adalah salah satu cara agar tetap bahagia di masa pandemi. Selain itu, makanan yang dihasilkan akan lebih sehat dan lebih bersih dibandingkan dengan makanan yang Anda beli di luar.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah dan Cepat

Tetap berkomunikasi

Melakukan menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar kita bukan berarti kita kehilangan kontak sama sekali. Menjaga komunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja akan membuat Anda lebih bahagia dan mengurangi rasa khawatir Anda.

Saat ini telah banyak teknologi yang bisa mewadahi komunikasi dengan berbagai cara. Diantaranya Anda bisa berbagi gambar dan video, berkirim pesan, menelpon dengan suara, hingga video call.

Bahkan beberapa platform mampu menghubungkan banyak orang sekaligus sehingga Anda seperti sedang berkumpul bersama keluarga seperti pada hari-hari normal.

Anda juga bisa menunjukkan perhatian Anda dengan mengirimkan makanan atau paket berisi vitamin dan berbagai kebutuhan pada masa pandemi seperti hand sanitizer dan masker. Berbagi kebahagiaan pada orang lain akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda.

Itu dia cara agar tetap bahagia di masa pandemi. Anda sudah mencoba semuanya? Semoga Anda tetap bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com