Kompas.com - 24/06/2021, 10:03 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Oximeter merupakan alat tes non-invasif yang berguna untuk mengukur tingkat saturasi oksigen atau kadar oksigen dalam darah.

Di masa pandemi Covid-19, oximeter menjadi alat yang sangat penting dan disarankan untuk dimiliki oleh pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Melalui oximeter, pasien Covid-19 dapat melakukan pengecekan saturasi oksigen secara berkala dan memantaunya guna mencegah kondisi yang fatal.

Fungsi oximeter

Dilansir dari Healthline, 2 Agustus 2017, oximeter berfungsi untuk memeriksa seberapa baik jantung memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Oximeter dapat digunakan untuk memantau kesehatan individu dengan kondisi kesehatan yang memengaruhi kadar oksigen darah.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Keluarga Isolasi Mandiri di Rumah

Kondisi tersebut antara lain penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, radang paru-paru, kanker paru-paru, anemia, serangan jantung, dan kelainan jantung bawaan.

Cara kerja oximeter

Untuk membaca saturasi oksigen, oximeter yang berbentuk seperti penjepit ditempatkan di jari tangan, daun telinga, atau kaki.

Sinar kecil akan melewati darah di jari dan mengukur jumlah oksigennya. Ini dilakukan dengan mengukur perubahan penyerapan cahaya dalam darah teroksigenasi.

Tidak hanya mengukur saturasi oksigen, penggunaan oximeter juga menampilkan hasil pengukuran detak jantung.

Cara membaca oximeter

Oximeter biasanya menampilkan hasil yang cukup akurat. Terutama jika menggunakan peralatan yang berkualitas tinggi.

Baca juga: 7 Langkah Isolasi Mandiri di Rumah Agar Cepat Pulih

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.