Kompas.com - 23/06/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi marah freepikIlustrasi marah

KOMPAS.comMarah adalah emosi yang dirasakan ketika sesuatu atau seseorang melakukan sesuatu yang tidak sesuai keinginan Anda. Marah bisa dirasakan siapa saja dan merupakan reaksi normal seseorang terhadap suatu kejadian.

Namun, jika emosi ini tidak dikendalikan, ini bisa menjadi masalah antara Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Selain itu emosi satu ini juga bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda.

Efek marah terhadap tubuh

Secara ilmiah, marah bisa mengakibatkan beberapa perubahan terhadap tubuh langsung ketika terjadi. Perubahan yang terjadi adalah meningkatkan beberapa aspek dalam tubuh.

Aspek tersebut antara lain konsumsi energi, tekanan darah, hormon adrenalin dan noradrenalin, suhu tubuh, dan ketegangan otot.

Orang lain juga bisa mengamati jika Anda sedang mengalami emosi ini. Beberapa gejala yang bisa diamati antara lain meningginya suara, mengepalkan tangan, rahang terkunci, gemetaran, berkeringat, dan bergerak dengan cepat.

Baca juga: Ramai Kasus Memaki Kurir COD dan Penyekatan Anyer, Kenapa Kita Mudah Marah?

Penyakit yang ditimbulkan

Jika sering marah, tubuh bisa merasakan perubahan yang telah disebutkan di atas secara terus menerus. Kondisi ini tidak sehat bagi tubuh dan bisa menyebabkan beberapa penyakit dan komplikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa penyakit yang sering timbul antara lain hipertensi, depresi, kecemasan, insomnia, tukak lambung, hingga diabetes.

Tipe marah

Penting untuk tetap mengekspresikan emosi yang dirasakan seseorang. Namun, mengekspresikan emosi ini tidak boleh sampai merugikan orang lain. Kenali tipe marah dan cara terbaik untuk mengekspresikannya.

Tipe pertama adalah pasif-agresif. Pada tipe ini, orang akan berusaha menahan amarahnya dengan menghindarinya. Namun yang terjadi justru ia mengekspresikan emosinya dengan cara yang tidak sehat dan merusak terhadap hal lain.

Tipe kedua adalah agresif terbuka. Orang jenis ini akan meluapkan emosinya langsung melalui tindakan fisik maupun verbal. Kemarahan tipe ini bisa dikenali dengan teriakan atau memukul benda atau orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X