Kompas.com - 23/06/2021, 17:35 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer-BioNTech dan vaksin Moderna yang berbasis messenger RNA (mRNA), berhasil memberikan perlindungan pada ibu hamil, ibu menyusui dan bayi baru lahir. Studi pada dosis vaksin Covid-19 mRNA ini memberi harapan untuk melindungi populasi ini dari infeksi virus corona. SHUTTERSTOCK/Nixx PhotographyIlustrasi vaksin Pfizer-BioNTech dan vaksin Moderna yang berbasis messenger RNA (mRNA), berhasil memberikan perlindungan pada ibu hamil, ibu menyusui dan bayi baru lahir. Studi pada dosis vaksin Covid-19 mRNA ini memberi harapan untuk melindungi populasi ini dari infeksi virus corona.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pemberian vaksin merupakan upaya penting untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Saat ini, tersedia beberapa vaksin Covid-19 yang telah teruji dan mendapatkan izin edar. Namun, peluncuran vaksin ini meninggalkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat umum.

Salah satunya adalah, apakah vaksin Covid-19 bisa diberikan untuk ibu menyusui? Lalu, apa efek samping vaksin Covid-19 untuk bayi?

Mengingat kondisi ibu menyusui yang sangat berpengaruh terhadap sang buah hati, wajar jika pertanyaan semacam ini menjadi keresahan tersendiri.

Uji klinis vaksin Covid-19 belum melibatkan ibu menyusui

Dilansir dari situs Primaya Hospital Makassar, dr. Amelia Abdullah, SpOG, mengatakan bahwa dari sejumlah vaksin Covid-19 yang tersedia, belum ada yang melakukan uji klinis dengan peserta ibu menyusui.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Efektif Cegah Risiko Rawat Inap karena Varian Delta

Oleh sebab itu, tidak mudah bagi para ahli untuk memahami dan menjelaskan risiko vaksin Covid-19 pada ibu menyusui dan bayi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, vaksin jenis mRNA (Pfizer-BioNTech dan Moderna) dianggap tidak berisiko terhadap kesehatan bayi yang menyusui.

Anggapan ini berasal dari vaksinasi terhadap sejumlah tenaga kesehatan yang merupakan ibu menyusui.

Dari vaksinasi tersebut, belum ada laporan risiko kesehatan yang muncul pada bayi atau ibu menyusui setelah divaksin Covid-19.

American College of Obstetricians and Gynecologists dan Academy of Breastfeeding Medicine juga berpendapat, semestinya ibu menyusui bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Sebelum Vaksin Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X