[POPULER SAINS] Epidemiolog Tegaskan Indonesia Butuh PSBB, Bukan PPKM Mikro | Saat Ini Bumi Terjebak Panas

Kompas.com - 23/06/2021, 07:02 WIB
Pekerja yang menggunakan masker saat berjalan menuju kantor masing-masing di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020). PSBB kembali diterapkan tanggal 14 September 2020, berbagai aktivitas kembali dibatasi yakni aktivitas perkantoran, usaha, transportasi, hingga fasilitas umum. PSBB Jakarta 14 September 2020Pekerja yang menggunakan masker saat berjalan menuju kantor masing-masing di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020). PSBB kembali diterapkan tanggal 14 September 2020, berbagai aktivitas kembali dibatasi yakni aktivitas perkantoran, usaha, transportasi, hingga fasilitas umum.

KOMPAS.com - Sejak kemarin, 22 Juni 2021 hingga 5 Juli 2021, kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 diberlakukan.

Padahal, para ahli sudah berkali-kali menekankan yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan PPKM mikro.

Alasan ahli menyebut Indonesia butuh PSBB ketat menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Selasa (22/6/2021).

Berita populer lainnya adalah tentang obat ivermectin yang disebut-sebut akan dijadikan obat terapi Covid-19 dan diproduksi 4 juta dosis per bulan. Sebenarnya bagaimana potensi obat tersebut?

Kembali ke masa lalu, kita tahu bahwa manusia purba banyak meninggalkan jejak berupa lukisan gua. Namun saat itu masih minim cahaya. Bagaimana mereka melakukannya?

Topik lain yang menarik untuk disimak, para ilmuwan NASA menemukan bahwa saat ini Bumi terjebak panas. Apa yang terjadi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: [POPULER SAINS] Tercapainya Herd Immunity di Indonesia Masih Sangat Jauh | Cara Membersihkan Ginjal

Berikut rangkumannya:

1. Indonesia butuh PSBB, bukan PPKM Mikro

Mulai kemarin, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 berlaku hingga 5 Juli 2021.

Padahal, sebelumnya banyak ahli mengingatkan bahwa yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat.

Usulan PSBB disarankan oleh lima perhimpunan profesi dokter, yakni Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin), serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (Perki).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X