Kompas.com - 21/06/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi pola makan sehat ShutterstockIlustrasi pola makan sehat
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pada bulan Mei 2021, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperpendek harapan hidup orang Amerika.

Pada paruh pertama tahun 2020 lalu, rata-rata harapan hidup orang Amerika telah menurun satu tahun.

Sosiolog Kyla Thomas, PhD, dari USC Dornsfire Center for Economic and Social Research mengatakan, stres dan masalah kesehatan mental dapat berdampak pada kesehatan fisik.

Laporan CDC pun senada dengan penemuan para peneliti USC ketika mengamati orang-orang yang terdampak pandemi di Amerika.

“Kami melihat lonjakan dalam tingkat kerawanan pangan. Orang-orang khawatir tidak bisa makan karena tidak punya uang. Saya bisa membayangkan dampaknya,” ujar Thomas, dilansir dari ABC7.

Baca juga: Jangan Rebahan, Gaya Hidup Sehat Perlu untuk Hadapi New Normal

Selama masa lockdown, orang-orang melewatkan pemeriksaan kesehatan dan cenderung makan dengan pola makan yang tidak sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, banyak orang yang terkena Covid-19 menderita masalah kesehatan untuk jangka panjang.

Namun, Johns Hopkins baru-baru ini melaporkan sebuah studi yang melibatkan 6.200 pria dan wanita yang mengadopsi empat perubahan gaya hidup.

Perubahan ini dapat meningkatkan harapan hidup secara signifikan. Berikut adalah 4 perubahan gaya hidup untuk meningkatkan harapan hidup.

1. Tidak merokok

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X