Kompas.com - 21/06/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi mencuci tangan menggunakan sabun ShutterstockIlustrasi mencuci tangan menggunakan sabun
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Di masa pandemi Covid-19, setiap orang wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan, salah satunya adalah rajin mencuci tangan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasian untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik untuk mencegah penularan virus penyebab Covid-19.

Selain menggunakan air dan sabun, banyak orang yang memilih mencuci tangan dengan produk hand sanitizer karena lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Penting untuk dipahami bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun lebih efektif untuk menghilangkan bahan kimia dan semua jenis kumas, termasuk virus corona.

Dilansir dari UCL Health, 23 April 2020, berikut adalah penjelasan mengapa sabun lebih efektif untuk mencuci tangan dibandingkan hand sanitizer.

Baca juga: Kasus Kerusakan Mata pada Anak Akibat Hand Sanitizer Meningkat Selama Pandemi

Hand sanitizer tidak membersihkan semuanya

Menggunakan hand sanitizer memang lebih mudah, namun ia tidak dapat menghilangkan semua jenis bakteri dan virus, termasuk produk yang memiliki kandungan alkohol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sabun dan air jauh lebih efektif dalam menghilangkan kuman penyebab penyakit umum, seperti cryptosporidium, norovirus, dan Clostridium difficile.

Studi menunjukkan, hand sanitizer bekerja dengan baik dalam lingkungan klinis, yakni ketika tangan tidak terlalu kotor dan berminyak.

Sementara itu, hand sanitizer tidak bekerja secara menyeluruh di lingkungan luar. Ia pun tidak efektif jika digunakan terlalu sedikit.

Hand sanitizer juga mungkin dapat mengaktifkan bahan kimia berbahaya yang mungkin bersentuhan dengan tangan.

Baca juga: Hand Sanitizer Selama Pandemi Covid-19, Adakah Efek Sampingnya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X