Kompas.com - 21/06/2021, 18:10 WIB


KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia selama 5 bulan ini telah mencakup 22 persen dari target populasi yang divaksin sebesar 181,5 juta orang. Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang khawatir pada efek samping vaksin.

Hingga saat ini telah digunakan vaksin CoronaVac dari Sinovac dari PT BioFarma, dan vaksin AstraZeneca untuk program vaksinasi dari pemerintah.

Selanjutnya dalam waktu dekat, vaksin Sinopharm dari China akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong.

Vaksin Sinopharm adalah vaksin virus corona buatan China dan telah diujikan di beberapa negara lainnya.

Vaksin Sinopharm telah masuk dalam daftar vaksin Covid-19 WHO dan mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA/izin penggunaan darurat) di China, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir dan Yordania, dan kini juga di Indonesia.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

 

Vaksin Sinopharm ini menggunakan platform yang sama dengan vaksin Sinovac, yaitu virus yang diinaktivasi.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM & Mantan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Prof Zullies Ikawati, PhD, Apt mengatakan, masyarakat yang nantinya akan mendapatkan vaksin Sinopharm tak perlu khawatir.

Sebab, efikasi vaksin Sinopharm dan manfaatnya lebih banyak daripada risiko efek sampingnya.

Dalam uji klinik di Uni Emirat Arab, efikasi vaksin Sinopharm mencapai 78 persen, dan vaksin ini dapat digunakan pada populasi usia 18 tahun ke atas sampai orang lanjut usia (lansia).

"Karena memiliki platform yang sama dengan vaksin Sinovac, maka profil efek samping (vaksin Sinopharm) juga mirip, di mana frekuensi kejadian efek sampingnya adalah 0,01 persen atau terkategori sangat jarang," kata Prof Zullies dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Vaksinasi Tahap Kedua Indonesia, Apa Saja Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Lansia?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.