Kompas.com - 21/06/2021, 12:32 WIB
Bintang betelgeuse merupakan bintang paling terang ke-10 di langit malam setelah Rigel, bintang paling terang kedua di konstelasi Orion Shutterstock/Jurik PeterBintang betelgeuse merupakan bintang paling terang ke-10 di langit malam setelah Rigel, bintang paling terang kedua di konstelasi Orion

KOMPAS.com - Misteri menurunnya kecerahan pada bintang Betelgeuse mungkin telah dipecahkan para astronom.

Pada 2019, Betelgeuse mulai meredup secara dramatis. Betelgeuse merupakan bintang paling terang ke-10 di langit malam setelah Rigel, bintang paling terang kedua di konstelasi Orion.

Dilansir Live Science, Minggu (20/6/2021), pada Februari 2020, bintang Betelgeuse telah kehilangan sekitar dua pertiga dari luminositas normalnya. Para astronom menyebut fenomena ini sebagai "Peredupan Besar".

Luminositas bintang adalah jumlah cahaya dan bentuk energi radiasi lainnya yang dipancarkan oleh bintang per satuan waktu.

Baca juga: Bintang Raksasa Betelgeuse Bertindak Aneh, Diprediksi Akan Meledak

Sebagai bintang berukuran super raksasa, peredupan Betelgeuse seharusnya merupakan bagian dari siklus yang biasa terjadi. Namun, kali ini berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Betelgeuse meredup dengan sangat cepat dan membuat sejumlah astronom berspekulasi bahwa sang bintang akan mati sebagai supernova.

Pada bulan April, Betelgeuse kembali bercahaya terang. Ini membuat hipotesis supernova terbantahkan.

Kini, para astronom mungkin telah menemukan jawaban dari misteri Betelgeuse ini.

Dilansir Science News, Rabu (16/6/2021), berdasarkan gambar yang baru dirilis, diambil sebelum dan selama fenomena "Peredupan Besar", menunjukkan bahwa permukaan bintang Betelgeuse sedang mendingin dan memicu debu yang mengalami cahaya untuk sementara waktu.

"Ini adalah interpretasi terbaik yang bisa kami dapatkan melalui data, tanpa menerbangkan pesawat ruang angkasa ke Betelgeuse dan melihat langsung apa yang terjadi," ungkap astrofisikawan Emilu Cannon dari KU Leuven di Belgia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X