Kompas.com - 20/06/2021, 21:04 WIB
Ilustrasi tidak nafsu makan, bagaimana cara mengembalikan nafsu makan yang hilang ShutterstockIlustrasi tidak nafsu makan, bagaimana cara mengembalikan nafsu makan yang hilang

KOMPAS.com - Seseorang mungkin merasakan kehilangan nafsu makan karena berbagai alasan. Biasanya tidak nafsu makan akan diiringi lemas dan kehilangan berat badan karena tubuhnya tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Penyebab

Dilansir dari Medical News Today, tidak nafsu makan bisa disebabkan dua hal, yaitu gangguan fisik dan gangguan psikologis. Gangguan berkaitan nafsu makan ini kebanyakan bersifat sementara dan bisa kembali normal jika penyebabnya diatasi.

Penyebab umum hilangnya nafsu makan antara lain flu, infeksi saluran pernapasan, infeksi virus atau bakteri, konstipasi, gangguan perncernaan, alergi, kehamilan, ketidakseimbangan hormon, stres, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Baca juga: 10 Cara Alami untuk Mengurangi Nafsu Makan yang Terbukti Ilmiah

Namun, hilang nafsu makan juga bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang pada kondisi-kondisi khusus. Kondisi yang bisa menyebabkan tidak nafsu makan dalam jangka waktu panjang antara lain kanker, sistem imun yang menurun, HIV/AIDS, diabetes, dan anoreksia.

Sedangkan kondisi psikologis yang bisa menyebabkan hilang nafsu makan adalah depresi, kecemasan, dan stress.

Cara mengembalikan nafsu makan yang hilang

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mencoba untuk makan dalam porsi kecil 5 sampai 6 kali sehari. Ini lebih mudah daripada harus makan porsi normal tiga kali sehari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kedua adalah mengganti makanan Anda dengan makanan cair seperti smoothies atau minuman berprotein. Ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan kalori dan protein harian, Selain itu, dampingi makanan Anda dengan minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Baca juga: Mengapa Nafsu Makan Meningkat Saat Haid?

Cara ketiga adalah makan bersama keluarga dan teman. Memiliki teman ketika makan akan membantu meningkatkan semangat seseorang untuk makan dan memenuhi kebutuhan nutri hariannya.

Cara keempat yang bisa berpengaruh adalah memakan masakan kesukaan Anda. Makanan kesukaan biasanya akan meningkatkan nafsu makan seseorang. Namun, makanlah perlahan dalam porsi kecil untuk menghindari terlalu kenyang yang bisa memicu mual.

Cara kelima adalah hindari makanan yang beraroma kuat karena ini bisa membuat Anda semakin mual dan tidak nafsu makan. Contoh makanan yang harus dihindari antara lain seafood, telur rebus, dan makanan yang di goreng.

Terakhir, melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, juga terbukti bisa meningkatkan nafsu makan secara perlahan. Anda bisa mencoba rutin berolahraga ringan setiap pagi sekitar 15 menit.

Baca juga: Halo Prof! Makan Apa di Malam Hari agar Asam Lambung Tidak Kambuh?

Kapan ke dokter

Jika Anda kehilangan nafsu makan dan tidak kunjung membaik hingga menyebabkan tubuh sangat lemas dan kehilangan berat badan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Dokter akan mencoba memeriksa secara menyeluruh kesehatan Anda untuk menemukan penyebabnya.

Dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan beberapa tes seperti cek darah, rontgen atau USG, atau mungkin endoskopi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X