Kompas.com - 20/06/2021, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan di Ekuador menemukan spesies baru kodok yang mereka namakan Led Zeppelin, berdasarkan nama band rock legendaris Inggris.

Pristimantis ledzeppelin dijabarkan memiliki mata berwarna merah tembaga dan kulit berbintil-bintil berwarna kuning, cokelat, hitam, dan oranye.

Ia dapat tumbuh hingga sepanjang tiga sentimeter.

Baca juga: Seri Fauna Nusantara, LIPI Temukan Spesies Baru Katak di Area Freeport

Spesies ini merupakan bagian dari keluarga Pristimantis yang banyak ditemukan di hutan Cordillera del Cóndor, yang terletak di antara Ekuador bagian tenggara dan Peru bagian timur laut.

28 spesies Pristimantis telah ditemukan dalam dua tahun terakhir.

Para ilmuwan mengatakan bahwa nama Pristimantis ledzeppelin diberikan untuk menghormati band tersebut dan musik mereka yang luar biasa.

Penemuan yang dilaporkan dalam makalah di jurnal Neotropical Biodiversity ini, menambah pengetahuan tentang keanekaragaman hayati yang unik di Cordillera del Condor, yang merupakan bagian dari kawasan ekologi paling terancam di dunia.

"Khususnya wilayah Pristimantis ledzeppelin ditemukan adalah bagian dari konsesi tambang sebuah perusahaan multinasional," tulis para peneliti.

Baca juga: 11 Spesies Baru Tumbuhan Baru Indonesia, dari Anggrek hingga Kantong Semar

Di wilayah tersebut terdapat aktivitas peternakan, penebangan pohon, dan pertambangan skala kecil.

"Karena tingginya endemisme Cordillera del Cóndor, spesies yang baru ditemukan ini kemungkinan besar hanya ditemukan di wilayah terbatas ini, karena itu perlu dipikirkan inisiatif jangka panjang untuk tindakan konservasi vertebrata kecil," tulis David Brito-Zapata dan Carolina Reyes-Puig.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.