Kompas.com - 17/06/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien Covid-19

KOMPAS.com - Terapi antibodi Covid-19 yang dikembangkan Regeneron Pharmaceuticals Inc (REGN.O) dan Roche (ROG.S) dapat mengurangi risiko kematian pada pasien rawat inap yang sistem kekebalannya gagal menghasilkan respons.

Ini merupakan hasil studi besar di Inggris yang dilaporkan Rabu (16/6/2021).

Terapi REGEN-COV telah mendapat izin otorisasi penggunaan darurat untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang di AS.

Namun, hasil dari uji coba "Recovery" memberi bukti paling jelas tentang efektivitasnya pada pasien yang dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Ahli Jelaskan Bagaimana Varian Delta Virus Corona Sebabkan Lonjakan Kasus Covid-19

Tim peneliti menemukan, terapi antibodi Regeneron, yang termasuk dalam kelas obat biotek yang disebut antibodi monoklonal, mengurangi risiko kematian hingga seperlima bagi pasien Covid-19 yang dirawat inap dan sistem kekebalannya tidak memberi respons antibodi, yang dikenal sebagai seronegatif.

Dilansir Reuters, Rabu (16/6/2021), hasilnya ada enam kematian lebih sedikit untuk setiap 100 pasien seronegatif yang diobati dnegan terapi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan yang akan segera tersedia di server pracetak medRxiv itu menjelaskan, tidak ada efek yang terlihat dari pengobatan pada mereka yang telah menghasilkan respon antibodi alami.

"Orang-orang sangat, sangat skeptis, bahwa pengobatan apa pun terhadap virus corona akan berhasil pada saat orang masuk rumah sakit," Martin Landray, kepala penyelidik gabungan dalam persidangan, mengatakan kepada wartawan.

Landray mengatakan, khusus untuk terapi antibodi monoklonal Regeneron, akan sangat bermanfaat bagi mereka yang belum dapat meningkatkan respons antibodinya sendiri.

"Jika Anda belum meningkatkan antibodi Anda sendiri, Anda benar-benar akan memberi manfaat dari terapinya," katanya.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X