Kompas.com - 16/06/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi COVID-19 varian delta ShutterstockIlustrasi COVID-19 varian delta

KOMPAS.com - Belum usai perjuangan menghadapi varian delta yang sangat menular dari SARS-CoV-2, kini varian tersebut telah bermutasi lebih lanjut dengan membentuk varian Delta plus atau AY.1.

Melansir Mint, varian delta plus telah terbentuk akibat adanya mutasi pada varian Delta atau B.1.617.2, yang pertama kali diidentifikasi di India dan menjadi salah satu penyebab melonjaknya gelombang kedua yang mematikan di India.

Varian delta plus ini disebut tahan terhadap pengobatan antibodi monoklonal untuk Covid-19, yang mana terapi ini baru saja disahkan di India.

Baca juga: Ahli Jelaskan Bagaimana Varian Delta Virus Corona Sebabkan Lonjakan Kasus Covid-19

Vinod Scaria, dokter dan ilmuwan di CSIR-Institute of Genomics and Integrative Biology (IGIB) Delhi mengatakan melalui akun Twitternya, bahwa salah satu varian yang muncul adalah B.1.617.2.1, yang juga dikenal sebagai AY.1 ini ditandai dengan akuisisi mutasi K417N.

“Mutasi tersebut, ada pada protein spike SARS-CoV-2, yang membantu virus masuk dan menginfeksi sel manusia,” katanya.

Sementara itu, ilmuwan spesialis pengurutan genom (genom sequencing) Bani Jolly mengungkap, sejumlah kecil urutan Delta (B.1.617.2) yang memiliki mutasi lonjakan K417N telah ditemukan di GISAID.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, urutan (keturunan) ini telah diidentifikasi dalam genom dari 10 negara.

Public Health England, dalam laporan terbarunya tentang varian virus corona, mengatakan bahwa varian delta plus diidentifikasi dalam enam genom dari India pada 7 Juni 2021.

Badan kesehatan tersebut juga telah mengonfirmasi keberadaan total 63 genom varian delta dengan mutasi K417N baru.

Meski demikian, menurut para ilmuwan, belum ada indikasi yang perlu dikhawatirkan di India karena insiden varian delta plus di negara itu masih rendah.

Baca juga: Mengenal Corona Varian Delta, Lebih Menular dari Varian Lainnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X