Kompas.com - 16/06/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 di rumah akhirnya mengantongi izin otorisasi darurat FDA. Tes virus corona berbasis swab atau usap ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah, diharapkan dapat menekan penyebaran infeksi. SHUTTERSTOCK/CryptographerIlustrasi tes Covid-19 di rumah akhirnya mengantongi izin otorisasi darurat FDA. Tes virus corona berbasis swab atau usap ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah, diharapkan dapat menekan penyebaran infeksi.


KOMPAS.com- Kapasitas tes virus corona atau tes Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia masih rendah. Sementara lonjakan kasus Covid-19 semakin banyak dilaporkan pascalibur Lebaran lalu.

Padahal, testing dan tracing sebagai upaya penemuan kasus Covid-19 untuk mengendalikan angka penularan virus corona sangatlah penting.

Ahli epidemiologi dari Griffith University, Dicky Budiman mengatakan di Indonesia hanya tiga daerah yang memiliki kapasitas tes Covid-19 yang sudah memenuhi standar global.

Ketiga daerah itu antara lain adalah Jakarta, Yogyakarta dan Sumatera Barat.

"Sedangkan di luar daerah itu (Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Barat) benar-benar memprihatinkan. Minim testing (tes virus corona) dan tidak memahami situasi (kasus Covid-19) sebenarnya," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Hasil Tes Covid-19 Sudah Negatif, Kenapa Masih Batuk-batuk?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Strategi Test-Trace-Treat-Isolate

Lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran dilaporkan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain Bangkalan Madura dan Kudus, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Bandung juga melaporkan peningkatan kasus Covid-19.

Dicky mengungkapkan kondisi saat ini, Indonesia mulai memasuki puncak gelombang Covid-19 pertama. Selain akumulasi dari setahun pandemi Covid-19, juga keberadaan varian-varian baru seperti varian Alpha dan varian Delta.

Lantas, strategi apa yang harus dilakukan Indonesia saat ini?

Dicky menegaskan bahwa strategi utama untuk mengendalikan pandemi Covid-19 ini ada pada Test-Trace-Treat-Isolate. Yakni, tes virus corona, penemuan kasus, perawatan dan isolasi atau karantina.

Baca juga: Bantu Lawan Corona, LIPI Kembangkan Obat Herbal dan Alat Tes Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X