Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya Raksasa dari Era Prasejarah Ditemukan di Australia, Ini Wujudnya

Kompas.com - 16/06/2021, 08:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan spesies baru buaya prasejarah berukuran raksasa yang berkeliaran di perairan tenggara Queensland jutaan tahun lalu.

Temuan ini menjelaskan garis keturunan evolusi reptil besar ini. Spesies baru buaya ini dinamai Gunggamarandu maunala.

"Gunggamarandu maunala adalah salah satu buaya terbesar yang pernah menghuni benua itu (Australia)," kata Jorgo Ristevski dari University of Queensland di Australia.

Baca juga: Fosil Buaya 8 Juta Tahun Ditemukan di Australia, Memangsa Hewan Besar

Dilansir The Independent, Senin (15/6/2021), nama genus Gunggamarandu berarti “bos sungai”.

Sementara nama spesies maunala berarti “kepala lubang” yang mengacu pada cekungan besar seperti lubang yang terletak di atas tengkorak hewan yang berfungsi sebagai tempat perlekatan otot.

"Nama spesies baru buaya itu untuk menghormati orang-orang Bangsa Pertama di daerah Darling Downs. (Kami) menggabungkan kata-kata dari bahasa negara Barunggam dan Waka Waka," kata rekan penulis studi Steve Salisbury dalam sebuah pernyataan.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, para ilmuwan menganalisis tengkorak parsial yang digali di Darling Downs sekitar tahun 1875 yang disimpan dengan aman di koleksi Museum Queensland selama lebih dari seratus tahun.

Berdasarkan ukuran tengkorak, para ahli memperkirakan bahwa panjang buaya itu bisa mencapai 7 meter.

"Kami memperkirakan tengkorak itu setidaknya memiliki panjang 80 sentimeter. Dan berdasarkan perbandingan dengan buaya hidup, ini menunjukkan panjang tubuh total (buaya) sekitar tujuh meter," kata Ristevski dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan analisis, para ilmuwan mengatakan Gunggamarandu maunala mirip seperti buaya Indo-Pasifik terbesar yang pernah tercatat – Crocodylus porosus.

Studi ini tidak dapat memperkirakan usia pasti dari fosil tersebut. Namun para ilmuwan percaya bahwa tulang-tulang itu mungkin berusia antara dua sampai lima juta tahun.

Dilansir Sci News, Senin (14/6/2021), sebagian tengkorak Gunggamarandu maunala ditemukan di wilayah Darling Down pada abad ke-19, tepatnya tahun 1875.

Ia memiliki kombinasi fitur unik yang membedakannya dengan buaya lainnya.

Dengan menggunakan pemindaian CT X-ray, para peneliti dapat merekonstruksi rongga otak reptil secara digital dan mengungkap detail tambahan tentang anatominya.

Baca juga: Seri Fauna Nusantara, LIPI Temukan Spesies Baru Katak di Area Freeport

Mereka mengatakan, buaya baru itu masih merupakan anggota sekelompok reptil yang disebut tomistominae atau "buaya palsu" - yang hanya tersisa satu spesies saat ini, terbatas di Semenanjung Malaya dan sebagian Indonesia.

“Hasilnya mengisyaratkan potensi garis keturunan hantu antara tomistominae Eropa dan Australia yang berusia lebih dari 50 juta tahun,” tulis para ilmuwan dalam penelitian tersebut.

“Dengan pengecualian Antartika, Australia adalah satu-satunya benua lain tanpa bukti fosil tomistomine. Tetapi dengan ditemukannya Gunggamarandu maunala, kami dapat menambahkan Australia ke dalam daftar pernah dihuni oleh tomistomines,” tambah Ristevski.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com