Kompas.com - 15/06/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi serangan jantung saat olahraga blanscapeIlustrasi serangan jantung saat olahraga

KOMPAS.com - Serangan jantung atau yang sering disebut infark miokard, terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup aliran darah.

Kondisi darurat medis ini membutuhkan pertolongan medis segera, karena semakin lama mendapat pertolong, akan semakin besar kerusakan pada otot jantung dan risiko kematian.

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja. Meski risikonya mungkin lebih besar pada perokok atau mereka yang tak menerapkan pola hidup sehat, serangan jantung juga bisa menyerang orang yang rajin berolahraga, termasuk atlet.

Baca juga: Ahli Jelaskan Bagaimana Atlet Bisa Terkena Serangan Jantung

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Michael Triangto, Sp.KO mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali tujuan berolahraga.

Ia memaparkan tiga tujuan olahraga, yaitu olahraga untuk kesehatan, olahraga untuk rekreasi, dan olahraga untuk prestasi.

“Olahraga untuk prestasi bukan hanya olahraga yang dilakukan para atlet ya, tapi juga mereka yang melakukan olahraga untuk pencapaian tertentu. Misalnya, lomba lari 5 kilo meter atau balap sepeda puluhan kilo meter. Itu kan mendorong diri kita berkompetisi dan mencapai sesuatu,” jelas Michael saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Michael melanjutkan, jika tujuan olahraga untuk prestasi, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis olahraga lebih dulu untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini.

“Yang harus diketahui adalah kondisi kesehatan saat ini. Jangan bilang, dulu saya kuat lari puluhan kilo meter. Enggak bisa seperti itu. Karena kondisi kesehatan dulu dengan sekarang belum tentu sama,” ujarnya.

“Usia juga enggak bisa bohong ya. Semakin bertambah usia, kemampuan dan kekuatan tubuh tentu akan berkurang juga,” lanjut Michael.

Baca juga: 9 Gejala Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X