Kompas.com - 15/06/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi. SHUTTERSTOCK/frantisekhojdyszIlustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi.


KOMPAS.com- Ilmuwan kini mengetahui rahasia dibalik hiu karang berselancar santai di lautan pada siang hari. Hiu karang adalah salah satu peselancar tercantik di lautan.  

Dalam sebuah studi terungkap bagaimana predator ini memanfaatkan arus laut untuk berselancar.

Menurut studi yang dipimpin ilmuwan kelautan Florida International University (FIU), Yannis Papastamatiou, hiu berselancar untuk menghemat energi.

Tim peneliti internasional ini menemukan ratusan hiu karang abu-abu di terusan Atol Fakarava bagian selatan, di Polinesia, Perancis sedang berselancar di lereng dengan cara mengambang di atas arus yang naik.

Dilansir dari Phys, Selasa (15/6/2021), selama perjalanan menyelam, Papastamatiou mengamati hiu karang berenang melawan arus laut tetapi hampir tidak menggerakkan ekornya.

Baca juga: Survei Ini Ungkap Hiu Karang Punah Secara Fungsional di Lautan Bumi, Kok Bisa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Pada siang hari, mereka cukup tenang dan santai, berenang dengan sedikit usaha. Ini menarik karena arusnya cukup kuat," kata Papastamatiou.

Saat seekor hiu mencapai ujung garis, itu memungkinkan arus untuk membawanya kembali ke titik awal. Hiu berikutnya dalam barisan melakukan hal yang sama, dan urutan itu terus berlangsung.

Dalam studi ini tim menggunakan kombinasi tag pelacak akustik, kamera bawaan hewan, dan pengamatan bawah air untuk memantau perilaku hiu di lautan.

Peneliti kemudian mampu menghitung penggunaan energi dari mereka yang tinggal di saluran berselancar dan mereka yang meninggalkan saluran.

Sambil menyelam dan mengamati hiu-hiu karang ini, mereka mengatakan bahwa dengan berselancar, hiu mengurangi energi mereka setidaknya hingga 15 persen.

Baca juga: Hiu Aneh Bersayap Jelajahi Lautan 93 Juta Tahun yang Lalu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X