Kompas.com - 15/06/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi. SHUTTERSTOCK/frantisekhojdyszIlustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi.

KOMPAS.com- Ilmuwan kini mengetahui rahasia dibalik hiu karang berselancar santai di lautan pada siang hari. Hiu karang adalah salah satu peselancar tercantik di lautan.

Dalam sebuah studi terungkap bagaimana predator ini memanfaatkan arus laut untuk berselancar.

Menurut studi yang dipimpin ilmuwan kelautan Florida International University (FIU), Yannis Papastamatiou, hiu berselancar untuk menghemat energi.

Tim peneliti internasional ini menemukan ratusan hiu karang abu-abu di terusan Atol Fakarava bagian selatan, di Polinesia, Perancis sedang berselancar di lereng dengan cara mengambang di atas arus yang naik.

Dilansir dari Phys, Selasa (15/6/2021), selama perjalanan menyelam, Papastamatiou mengamati hiu karang berenang melawan arus laut tetapi hampir tidak menggerakkan ekornya.