Kompas.com - 15/06/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi perawatan Covid-19 di rumah sakit untuk anak Shutterstock/L JuliaIlustrasi perawatan Covid-19 di rumah sakit untuk anak

KOMPAS.com - Data yang dihimpun mandiri oleh Ikatan Dokter Indonesia menunjukkan, tingkat kasus Covid-19 pada anak sebesar 11-12 persen. Ini termasuk kasus Covid-19 anak yang tertinggi di dunia.

Kendati sejumlah studi mengatakan bahwa kebanyakan anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki gejala ringan, risiko sindrom peradangan hingga perawatan yang membutuhkan rawat inap rumah sakit tetap ada.

Lantas, bagaimana perawatan Covid-19 anak di rumah sakit?

Menjawab pertanyaan ini, Kompas.com menghubungi Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Hasanuddin (Unhas) Irwandy, SKM, MScPH, MKes.

Baca juga: Long Covid-19 Pada Anak, IDAI Temukan Kasus Sindrom MIS-C di Papua

Irwandy mengatakan, ruang perawatan untuk pasien anak dan dewasa dilaksanakan di unit atau instalasi yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika anak memerlukan perawatan rawat inap, maka akan dirawat di ruang isolasi perawatan anak. Sedangkan jika anak memerlukan perawatan intensif," kata Irwandy kepada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Dia mengatakan, ruang perawatan intensif untuk bayi kurang dari 28 hari adalah ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Sementara untuk ruang perawatan intensif bagi bayi berusia lebih dari 28 hari sampai anak berusia 18 tahun akan dirawat di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

Sedangkan bagi orang dewasa berusia 18 tahun ke atas akan dirawat di ruang ICU.

Irwandy juga menambahkan, pasien Covid-19 bayi yang masih menyusui atau anak yang masih membutuhkan pendampingan keluarga, saat dirawat di rumah sakit akan melibatkan keluarga seperti ibu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X