Kompas.com - 14/06/2021, 16:03 WIB
Spesies katak baru di area PT Freeport Indonesia, di Mimika, Papua. Spesies yang ditemukan adalah Litoria lubisi, sejenis katak pohon hijau besar yang merupakan anggota keluarga Litoria infratrenata. LIPISpesies katak baru di area PT Freeport Indonesia, di Mimika, Papua. Spesies yang ditemukan adalah Litoria lubisi, sejenis katak pohon hijau besar yang merupakan anggota keluarga Litoria infratrenata.

KOMPAS.com - Studi terbaru melaporkan, adanya spesies katak baru ditemukan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di area PT Freeport Indonesia (PTFI).

Oleh para peneliti, spesies katak baru ini diberi nama, Litoria lubisi.

Penemuan ini telah dipublikasikan secara resmi di jurnal internasional Zootaxa 4903 (1): 117 – 126. 

Spesies yang ditemukan merupakan sejenis katak pohon hijau besar yang merupakan anggota keluarga Litoria infratrenata.

Baca juga: 11 Spesies Baru Tumbuhan Baru Indonesia, dari Anggrek hingga Kantong Semar

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, nama "lubisi" diambil dari Dr. Rusdian Lubis yang waktu itu menjabat sebagai Senior VP untuk bidang lingkungan dan keselamatan kerja PTFI. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penemuan spesies ini menambah daftar panjang penemuan spesies baru di area kerja PTFI sejak penelitian keanekaragaman hayati dilakukan pada tahun 1997.

Sejarah panjang penemuan katak Litoria lubisi

Penelitian terhadap Litoria lubisi ini sudah dilakukan sejak tahun 2006 oleh dua penulis dan peneliti, yakni Stephen Richards dari South Australian Museum dan seorang peneliti independen Burhan Tjaturadi.

Burhan diketahui telah bekerja di Tanah Papua sejak tahun 1999 saat bergabung dengan WWF dan Conservation International. 

Keduanya melakukan penelitian keanekaragaman hayati di hutan rawa sagu di selatan Timika, Papua, dan berhasil mengumpulkan satu spesimen dari spesies tambahan yang menunjukkan atribut morfologi dari grup Litoria infratrenata. 

Penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh tim peneliti LIPI, yaitu Mumpuni, Hellen Kurniati, dan Evy Arida. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X