Kompas.com - 13/06/2021, 12:02 WIB
Organisme mikroskopis berusia 24.000 tahun ditemukan di Siberia dalam keadaan membeku. Uniknya, makhluk yang dikenal sebagai bdelloid rotifer ini masih hidup. Bdelloid rotifer dikenal karena kemampuannya bertahan di lingkungan yang ekstrem. PA Media via BBC IndonesiaOrganisme mikroskopis berusia 24.000 tahun ditemukan di Siberia dalam keadaan membeku. Uniknya, makhluk yang dikenal sebagai bdelloid rotifer ini masih hidup. Bdelloid rotifer dikenal karena kemampuannya bertahan di lingkungan yang ekstrem.

KOMPAS.com - Menurut penelitian terbaru, sebuah organisme mikroskopis multi-sel ditemukan masih hidup setelah membeku selama 24.000 tahun di Siberia.

Para ilmuwan menggali hewan yang dikenal sebagai bdelloid rotifer dari Sungai Alayeza di Arktik Rusia.

Setelah dicairkan, ia dapat bereproduksi secara aseksual, setelah menghabiskan ribuan tahun dalam keadaan beku—sebuah kondisi yang dikenal dengan istilah crytobiosis.

Baca juga: Dampak Meteorit pada Bumi Selama 500 Juta Tahun Terakhir Terlacak

Penelitian sebelumnya mengatakan mikrob ini bisa bertahan hidup dalam kondisi beku hingga 10 tahun.

Tetapi studi baru, yang diterbitkan dalam Current Biology pada Senin (7/6/2021), menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat bertahan selama ribuan tahun atau bahkan dalam kurun waktu tak terbatas.

"Yang bisa dipelajari adalah bahwa organisme multiseluler dapat dibekukan dan disimpan seperti itu selama ribuan tahun dan kemudian hidup kembali - seperti impian banyak penulis fiksi," Stas Malavin selaku peneliti dari Institute of Physicochemical and Biological Problems in Soil Science kepada Press Association.

Dia mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana hal itu bisa terjadi.

Para ilmuwan dalam penelitian ini membekukan dan mencairkan lusinan hewan di laboratorium untuk memeriksa prosesnya.

Penanggalan radiokarbon menunjukkan spesimen bdelloid rotifer berumur antara 23.960 dan 24.485 tahun.