Studi Baru: Gangguan Neurologis dan Kejiwaan Juga Menyerang Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Kompas.com - 10/06/2021, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda pernah terinfeksi Covid-19 dan merasa kesehatan mental Anda terganggu, Anda tidak sendirian.

Faktanya, penelitian baru menunjukkan, efek Covid-19 pada otak kemungkinan adalah hal yang normal, mulai dari kelelahan hingga depresi. Dan bahkan menurut peneliti, hal ini juga terjadi pada mereka yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan.

Hasil studi baru tersebut telah diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry. Dalam penelitian itu, peneliti mengamati lebih dari 105.000 orang yang didiagnosis dengan Covid-19 di 30 negara.

Baca juga: CDC: Terinfeksi Covid-19 Usai Vaksin, Gejalanya Terbukti Lebih Ringan

Para peneliti menemukan, bahwa kehilangan penciuman dilaporkan oleh 43% pasien Covid-19, diikuti oleh kelemahan (40%), kelelahan (38%), kehilangan rasa (37%), nyeri otot (25%), depresi (23%), sakit kepala (21%), dan kecemasan (16%).

Bahkan orang- orang yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan – yang mana tidak memerlukan rawat inap - melaporkan efek neurologis atau yang berhubungan dengan saraf sebagai berikut, 55% mengalami kelelahan, 52% melaporkan kehilangan penciuman, 47% nyeri otot, 45% kehilangan rasa, dan 44% mengalami sakit kepala.

Dr. Jonathan Rogers, penulis utama studi dari UCL Psychiatry dan South London and Maudsley NHS Foundation Trust mengatakan, mereka sebelumnya telah memperkirakan bahwa gejala neurologis dan kejiwaan akan lebih umum terjadi pada kasus Covid-19 yang parah, tetapi sebaliknya mereka menemukan bahwa beberapa gejala neurologis justru tampak lebih umum pada kasus Covid-19 gejala ringan.

"Tampaknya adalah hal normal jika Covid-19 mempengaruhi kesehatan mental dan otak, tanpa pengecualian," ujarnya.

Baca juga: Virus Covid-19 Bermutasi, Mengapa Tetap Harus Divaksin dan Taat Prokes?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.