Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menyembuhkan Jari Tangan Kaku dan Nyeri Saat Bekerja dengan Gawai

Kompas.com - Diperbarui 27/11/2022, 21:15 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan jari tangan terasa kaku. Salah satunya adalah terlalu lama menggunakan gawai, apalagi jika pekerjaan mengharuskan Anda menggunakan gawai seharian.

Kondisi jari tangan kaku ini tentu sangat mengganggu, karena pada kondisi ini, kemungkinan Anda akan merasakan nyeri dan juga bisa lebih sulit melakukan tugas sehari-hari.

Jika kondisi ini terjadi, maka sebaiknya jangan dianggap sepele.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari RS Mitra Kemayoran Jakarta, dr Michael Triangto SpKO.

Menurut Michael, rasa kaku dan nyeri jari tangan ini biasanya terasa sakit saat sore dan malam hari, dan agak membaik pada saat bangun pagi.

Meski demikian, jika diabaikan maka akan berdampak jangka panjang.

Baca juga: 8 Cara Peregangan untuk Mencegah Jari Tangan Kaku dan Nyeri Selama WFH

"Dalam jangka panjang keluhan rasa kaku dan nyeri tersebut dapat meluas ke daerah lengan, bahu dan bahkan leher," kata Michael yang juga Direktur Slim and Health Center Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Sementara, tambah Michael, banyak pasien yang baru mencari bantuan kesehatan pada saat segala sesuatu mengenai keluhannya sudah menjadi sangat parah.

Padahal, dengan begitu tentunya akan mempersulit dan memperpanjang masa penyembuhannya.

Cara menyembuhkan jari tangan kaku dan nyeri

Jika Anda sudah terlanjur merasakan jari tangan kaku dan nyeri saat terlalu lama bekerja dengan menggunakan gawai, baik laptop maupun telepon genggam, maka sudah waktunya Anda memerhatikan apakah rasa kaku dan nyeri tersebut termasuk ringan atau sudah kategori berat.

Jika keluhan rasa kaku atau nyeri pada jari dan tangan Anda sudah menyebar ke bagian-bagian lain dan terasa sangat menyakitkan serta bertahan lama, upayakan untuk segera berkonstulasi dengan dokter ahli.

Namun, jika keluhan yang ada masih termasuk kategori ringan yang bisa hilang saat bangun di pagi hari setelah istirahat panjang, maka perhatikan beberapa cara berikut yang bisa Anda lakukan untuk mengobati nyeri tersebut.

1. Kompres air dingin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberikan kompres dingin pada bagian yang kaku atau nyeri itu.

Kompres dingin tersebut bisa dilakukan dengan cara merendamkan tangan Anda di dalam air es.

Akan tetapi, jika terasa terlalu dingin, tangan boleh diangkat dan setelah beberapa lama kembali tangan direndam  di air es tadi.

Lakukanlah tindakan ini secara berulang-ulang, sehingga total waktunya menjadi 30 menit.

Tujuan pemberian kompres dingin pakai air es adalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi. Namun, tidak perlu sampai mati rasa akibat dinginnya es tersebut.

Baca juga: Kenali Penyebab Cyclists Palsy, Gangguan Kram pada Jari Saat Bersepeda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com