Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Juno Dekati Bulan Terbesar Jupiter, Ini Misi yang akan Dilakukan

Kompas.com - 05/06/2021, 19:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG,CNN


KOMPAS.com- Wahana ruang angkasa badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA), Juno, semakin mendekati Bulan terbesar Planet Jupiter. Seperti diketahui, dari beberapa satelit alami Jupiter, Ganymede adalah Bulan terbesar dari planet terbesar di Tata Surya ini.

NASA Juno telah melakukan misi panjang untuk mengamati Jupiter dan bulan-bulannya sejak Juli 2016.

Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (5/6/2021), dijadwalkan pada Senin (7/6/2021), wahana antariksa ini akan berada pada jarak 1.038 km, jarak terdekat dengan permukaan Ganymede.

NASA Juno akan mencetakkan rekor sebagai pesawat ruang angkasa terdekat dengan bulan Jupiter. Rekor ini mematahkan pencapaian pesawat ruang angkasa Galileo yang melakukan pendekatan dengan Ganymede pada Mei 2000 lalu.

Ganymede, bulan terbesar Jupiter yang memiliki lebar sekitar 5.262,4 km, dan bulan raksasa ini lebih besar dari planet Merkurius.

Baca juga: Pertama Kalinya, NASA Juno Tangkap Fenomena di Bulan Terbesar Jupiter

 

Wahana luar angkasa NASA Juno dibekali kamera yang akan menangkap gambar Ganymede, sedangkan instrumen lainnya akan mengumpulkan data yang dapat membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang komposisi Bulan Jupiter, termasuk cangkang es yang menyelimutinya.

"Juno membawa seperangkat instrumen sensitif yang mampu melihat Ganymede dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Scott Bolton, peneliti utama Juno di Southwest Research Institute di San Antonio dalam sebuah pernyataan.

Bolton mengatakan dengan terbang begitu dekat dengan Bulan Jupiter, NASA Juno akan membawa eksplorasi Ganymede ke abad ke-21.

"Keduanya melengkapi misi masa depan dengan sensor unik, kami membantu misi berikutnya ke sistem Jovian," imbuhnya.

NASA Juno akan membantu menambah data tentang cangkang es bulan terbesar Jupiter ini untuk misi-misi masa depan. Misi eksplorasi planet Jupiter selanjutnya yakni Europa Clipper NASA dan JUpiter ICy moons Explorer (JUICE) yang akan dilakukan oleh European Space Agency (ESA). 

Baca juga: Peristiwa Langka, Juno Abadikan Erupsi Gunung Berapi di Bulan Jupiter

Halaman:
Sumber PHYSORG,CNN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com