[POPULER SAINS] Muncul Bibit Siklon Tropis, Ini Prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan | 5 Pengganti Susu Sapi

Kompas.com - 01/06/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi hujan SHUTTERSTOCK/ND700Ilustrasi hujan

KOMPAS.com - BMKG mendeteksi potensi hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia selama sepekan karena berbagai kondisi atmosfer.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com yang tayang Senin (31/5/2021) hingga Selasa (1/6/2021).

Selain prakiraan cuaca, wabah tikus yang saat ini melanda Australia dan makin parah saat musim dingin menjadi berita populer lainnya.

Selain itu, aneka manfaat cabai dan bahan yang bisa menggantikan susu sapi juga menjadi berita populer lainnya.

Berikut ulasannya.

1. Prakiraan cuaca sepekan ke depan

Ilustrasi hujan lebat, cuaca ekstrem akibat dampak siklon tropis Seroja. Badai Seroja masih berpotensi memengaruhi cuaca di Indonesia, dari hujan lebat hingga gelombang tinggi.SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYA Ilustrasi hujan lebat, cuaca ekstrem akibat dampak siklon tropis Seroja. Badai Seroja masih berpotensi memengaruhi cuaca di Indonesia, dari hujan lebat hingga gelombang tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memasuki awal Juni, sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim pancaroba, peralihan dari musim penghujan ke kemarau.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih mendeteksi potensi hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah sepekan ke depan.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diakibatkan oleh berbagai kondisi atmosfer.

Berbagai kondisi atmosfer itu antara lain: perkembangan siklon tropis, awan konvektif, gelombang Kelvin, gelombang Rossby ekuatorial, serta perlambatan dan belokan angin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.