Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelidikan Asal Covid-19, WHO Minta Pisahkan Politik dan Sains

Kompas.com - 31/05/2021, 08:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pakar darurat kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Jumat (28/5/2021) bahwa penelusuran asal-usul virus corona di China dicampuri urusan politik.

Hal ini diungkap pakar WHO beberapa hari setelah Presiden AS Joe Biden memerintahkan untuk menemukan jawaban penelusuran asal mula virus corona.

Sejak wabah virus corona dikonfirmasi pertama kali muncul di Wuhan, China, pada Desember 2019, para ilmuwan terus berusaha memecahkan teka-teki dari mana virus itu berasal.

"Kami ingin semua orang di luar sana untuk memisahkan, terkait Covid-19, masalah politik dengan sains. Seluruh proses ini diracuni oleh politik," kata Mike Ryan kepada wartawan.

Baca juga: Dirjen WHO Beri Penghormatan kepada 115 Ribu Pekerja Medis yang Gugur

Dilansir Reuters, Sabtu (29/5/2021), tim yang dipimpin WHO dan peneliti China pada bulan Januari hingga Februari menghabiskan empat minggu di sekitar Wuhan untuk mencari asal virus corona.

Dalam laporan yang terbit bulan Maret, tim mengumumkan bahwa virus penyebab Covid-19 itu mungkin ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain.

Akan tetapi, banyak politisi dan sejumlah ilmuwan tidak puas.

Presiden Biden pada Rabu (26/5/2021) memerintahkan untuk menemukan jawaban atas asal-usul virus corona SARS-CoV-2.

Dia berkata, badan-badan intelijen AS sedang mengejar teori lain, termasuk kemungkinan kecelakaan laboratorium di China.

Amerika Serikat pada Kamis (27/5/2021) meminta WHO untuk melakukan penyelidikan kedua.

Baca juga: WHO Sebut Tahun Kedua Pandemi Lebih Mematikan, Ini Alasannya

"Setiap negara dan setiap entitas bebas untuk mengejar teori mereka sendiri, ini adalah dunia yang bebas," kata Ryan.

"WHO adalah organisasi negara anggota dan kami berusaha untuk bekerja dengan semua negara anggota kami untuk mencari jawaban secara kolektif."

Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk Covid-19, menambahkan bahwa masalah tersebut memerlukan banyak misi dan akan memakan waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com