Kompas.com - 30/05/2021, 13:01 WIB
Alpukat salah satu sumber vitamin B PEXELS/ready madeAlpukat salah satu sumber vitamin B

KOMPAS.comVitamin B adalah kelompok vitamin yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita. Sebagian besar orang akan memenuhi kebutuhan hariannya akan vitamin B karena vitamin B ditemukan pada banyak makanan.

Namun terdapat beberapa kondisi kesehatan yang membutuhkan asupan vitamin B kompleks lebih banyak. Contohnya seperti kehamilan, orang tua, atau kondisi medis lainnya.

Apa itu vitamin B kompleks?

Vitamin B ada delapan macam dan semuanya dibutuhkan tubuh. Vitamin B kompleks adalah vitamin yang mengandung semua macam vitamin B.

Baca juga: Konsumsi Vitamin C Ampuh Turunkan Asam Urat, Fakta atau Mitos?

Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal juga dengan nama tiamin. Tiamin memiliki peran dalam proses metabolism untuk membantu mengubah nuutrien menjadi energi.

Kebutuhan harian tiamin adalah 1,1 miligram (mg) pada wanita di atas 18 tahun, 1,4 mg pada wanita hamil, dan 1,5 mg pada ibu menyusui. Sedangkan kebutuhan tiamin pada pria adalah 1,2 mg.

Vitamin B1 banyak ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging merah. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan penyakit beriberi. Penyakit ini menyebabkan gangguan pada jantung, saluran pencernaan, dan sistem saraf.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin B2

Nama lain vitamin B2 adalah riboflavin. Riboflavin berfungsi untuk memecah karbohodrat, lemak, dan protein dalam makanan untuk menjadi energi. Vitamin ini menjaga kesehatan kulit, kesehatan usus, dan sel darah.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C yang Sangat Penting, Bisa Atasi Diabetes

Selain itu, riboflavin juga merupakan antioksidan. Bahkan, menurut Sumber vitamin B2 adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, daging, oatmeal, dan produk susu.

Vitamin B3

Vitamin B3 adalah niacin. Tubuh akan mengubah niacin menjadi koenzim bernama nicotinamide adenine dinucleotide (NAD). Terdapat lebih dari 400 reaksi enzim yang membutuhkan NAD.

Enzim ini berfungsi untuk mengubah karbohidrat, lemak, dan protein ke dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh serta proses metabolism di dalam sel tubuh. Vitamin B3 banyak ditemukan di dalam daging merah, unggas, dan ikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X