Kompas.com - 29/05/2021, 08:01 WIB
Tanaman hidroponik pixabayTanaman hidroponik

KOMPAS.comHidroponik adalah salah satu teknik penanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Sebagai ganti dari media tanamnya, teknik hidroponik menggunakan air.

Teknik hidroponik sedang banyak diminati karena kemudahannya serta tidak membutuhkan lahan yang besar. Teknik hidroponik menjadi solusi bagi yang ingin menanam di perkotaan atau hanya memiliki lahan yang sempit.

Banyak sekali manfaat yang mampu ditawarkan teknik hidroponik ini. Tanaman hidroponik memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada sayuran yang ditanam dengan teknik konvensional. Selain itu, tanaman hidroponik jarang sekali gagal karena semua faktor pertumbuhan bisa dikontrol dan lebih bersih.

Manfaat lainnnya adalah menanam dan memanen dengan teknik hidroponik tidak bergantung pada musim tertentu dan bisa dilakukan sepanjang tahun.

Namun, masalah muncul karena tanaman hidroponik tidak seperti menanam di tanah yang akan langsung mendapatkan nutrisi alami dari tanah. Maka dari itu, perlu penambahan nutrisi hidroponik agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hidroponik

Berikut pembahasan mengenai macam-macam nutrisi hidroponik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nutrisi AB mix

Nutrisi AB mix adalah nutrisi yang paling banyak digunakan dalam dunia hidroponik. Nutrisi AB mix baik untuk jenis tanaman berdaun atau sayur-sayuran. Nutrisi AB mix mengandung unsur makro hara dan unsur mikro hara yang diracik dalam sediaan terpisah.

Unsur makro hara yang terkadung antara lain nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium. Sedangkan beberapa contoh unsur mikro hara antara lain besi, tembaga, dan khlor.

Jenis nutrisi AB mix yang dijual di pasaran ada dua macam, nutrisi berbentuk cairan dan butiran. Anda bisa memilih manapun yang menjadi preferensi Anda.

Cara menggunakannya adalah kedua nutrisi A dan nutrisi B harus dilarutkan ke dalam sebotol air. Lalu, penggunaan nutrisi AB mix ini adalah dengan mencampurkan nutrisi dengan perbandingan 1:3:3. Maksudnya adalah dalam 1 liter air, campurkan 3 mililiter nutrisi A, dan 3 mililiter nutrisi B.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.