Kompas.com - 26/05/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi semangka. Dok. Pixabay/ congerdesignIlustrasi semangka.

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkap asal-usul semangka.

Menggunakan DNA dari tanaman rumah kaca yang mewakili semua spesies dan ratusan varietas semangka, ilmuwan menemukan bahwa nenek moyang semangka kemungkinan besar merupakan tanaman liar di timur laut Afrika.

Baca juga: Uji DNA Buktikan Semangka adalah Makanan Favorit Firaun Mesir

Studi tersebut akhirnya mengoreksi kesalahan selama 90 tahun, yang menggolongkan semangka ke dalam kategori yang sama dengan melon sitron Afrika Selatan.

Sebaliknya, para peneliti dari Universitas Washington di St Louis, menemukan bahwa melon Sudan dengan daging keputihan tidak pahit yang dikenal sebagai melon Kordofan (C.lanatus) adalah kerabat terdekat dari semangka yang telah didomestikasi.

"Berdasarkan DNA, kami menemukan bahwa semangka seperti yang kita kenal sekarang, dengan daging buah yang manis dan berwaran merah, secara genetik paling dekat dengan bentuk liar dari Afrika barat dan Afrika timur laut," kata Susane S.Renner, peneliti dari Universitas Washington seperti dikutip dari Phys, Selasa (25/5/2021).

Selain analisis DNA, peneliti menyebut jika studi asal muasal semangka juga dilakukan dengan cara menafsirkan lukisan makam Mesir, yang menjadi salah satu gambaran budaya mereka.

Dari lukisan tersebut, peneliti mengungkapkan, bahwa semangka mungkin telah dikonsumsi di Lembah Nil sebagai makanan penutup lebih dari 4000 tahun yang lalu.