Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini: 2 Gempa Guncang Banten, Pusatnya di Sumur, Pandeglang

Kompas.com - 23/05/2021, 12:38 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Dua gempa kuat mengguncang wilayah Banten pada Minggu (23/5/2021).

Gempa pertama memiliki kekuatan M 5,0 terjadi pada pukul 10.48 WIB. Dua menit kemudian, pukul 10.50 WIB, gempa M 5,4 kembali mengguncang Banten.

Episenter gempa bumi pertama terletak pada koordinat 6,54 LS dan 105,47 BT.

Tepatnya berada di Selat Sunda, dengan jarak 17 kilometer arah Barat Laut Sumur, Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

Baca juga: 8 Tindakan yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi

Sementara lokasi gempa kedua berada di koordinat 6,54 LS dan 105.46 BT, tepatnya 18 kilometer barat laut Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer.

Hasil pemodelan BMKG menunjukkan gempa ini tak berpotensi tsunami.

Dampak gempa

Getaran gempa dirasakan di beberapa wilayah.

Masyarakat yang tinggal di Kalapanunggal-Sukabumi, Labuan, Kecamatan Munjul, Rangkasbitung, Banjarsari, Cileles, Cirinten, dan Bayah merasakan gempa dalam skala intensitas II - III MMI.

Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan seakan-akan terasa ada truk yang berlalu.

Baca juga: Gempa Blitar Bukan Susulan, tapi Bisa Jadi Dipicu Gempa Malang

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com