Kompas.com - 23/05/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi memasak dengan air fryer ShutterstockIlustrasi memasak dengan air fryer

KOMPAS.com - Menggoreng adalah cara yang paling umum untuk menyiapkan dan memasak makanan. Menggoreng banyak digunakan di rumah ataupun restoran. Memasak dengan teknik menggoreng adalah memasak makanan di dalam minyak panas.

Menggoreng banyak dipilih karena caranya mudah, relatif murah, serta bisa mendapatkan hasil akhir makanan yang menggugah selera dari segi rasa, teksur, dan warna.

Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa makanan yang digoreng berkaitan dengan disfungsi sel vaskuler, hipertensi, dan resiko terkena penyakit kardiovaskuler lainnya.

Makanan yang digoreng juga terbukti meningkatkan resiko terkena obesitas dan gangguan pencernaan.

Karena berbagai kekurangan dalam makanan yang digoreng ini, banyak orang yang mencoba mencari alternatif gorengan yang lebih sehat. Salah satu inovasi terbaru yang sedang ramai di masyarakat adalah penggunaan air fryer.

Air fryer adalah alat dapur yang bekerja dengan memanfaatkan sirkulasi udara panas. Saat air fryer mulai bekerja, alat akan memproduksi udara panas dan kipas di dalam alat akan memicu sirkulasi udara panas dengan cepat di sekitar makanan sehingga menciptakan lapisan renyah pada makanan.

Baca juga: Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat, Benarkah?

Alat air fryer dilengkapi dengan fitur pengaturan suhu yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Air fryer diklaim mampu menurunkan kandungan lemak gorengan hingga 80%. Karena penggunaan minyak yang lebih sedikit, air fryer dipercaya bisa menyajikan makanan gorengan yang lebih sehat.

Air fryer, sebagai cara baru untuk menggoreng, memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan menggunakan air fryer.

Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Makanan yang digoreng menggunakan minyak terbukti meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.