Kompas.com - 18/05/2021, 19:02 WIB
Arkeolog di Italia meyakini berhasil mengidentifikasi jasad penyelamat yang tewas dalam letusan Gunung Vesuvius hampir 2.000 tahun lalu. Kerangka tersebut termasuk di antara sekitar 300 kerangka yang ditemukan di Herculaneum pada 1980-an. PARCO ARCHEOLOGICO DI ERCOLANO via BBCArkeolog di Italia meyakini berhasil mengidentifikasi jasad penyelamat yang tewas dalam letusan Gunung Vesuvius hampir 2.000 tahun lalu. Kerangka tersebut termasuk di antara sekitar 300 kerangka yang ditemukan di Herculaneum pada 1980-an.


KOMPAS.com- Tim arkeolog Italia meyakini bahwa jasad yang ditemukan di antara ratusan kerangka korban letusan Gunung Vesuvius adalah seorang perwira senior.

Pada 2.000 tahun silam, Gunung Vesuvius erupsi dengan dahsyat dan meluluh-lantahkan kota Pompeii dan beberapa kota di sekitarnya.

Dikutip dari BBC, Selasa (18/5/2021), jasad yang akhirnya berhasil diidentifikasi sebelumnya dianggap sosok prajurit biasa.

Jasad itu merupakan salah satu dari 300 kerangka yang ditemukan di Herculaneum pada tahun 1980-an.

Baca juga: Gali Situs Pompeii, Ahli Temukan lagi Korban Letusan Gunung Vesuvius

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, peneliti meyakini bahwa jasad itu adalah milik perwira, anggota tim dalam misi penyelamatan yang diluncurkan sejarawan dan komandan angkatan laut Romawi, Pliny the Elder.

Herculaneum dan Pompeii adalah dua kota yang luluh lantak akibat letusan Gunung Vesuvius.

Letusan dahsyat gunung ini menghancurkan bangunan-bangunan dan banyak manusia yang tertutupi lahar, lumpur dan gas, yang menerjang kota Herculaneum pada tahun 79 Masehi dengan kecepatan setidaknya 80 km/jam.

Jasad pria korban letusan Gunung Vesuvius itu ditemukan dalam kondisi telungkup di pasir di sebuah situs di wilayah utara kota Pompeii sekitar 40 tahun lalu.

Selain jasad perwira tersebut, diperkirakan keberadaan 300 kerangka lainnya yang ditemukan berkumpul di pantai, dan kemungkinan mereka sedang berusaha diselamatkan saat letusan Gunung Vesuvius ini terjadi.

Baca juga: Fakta Baru Letusan Vesuvius, Hanya Butuh 15 Menit Musnahkan Pompeii

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X