Kompas.com - 18/05/2021, 09:02 WIB
Vaksinasi adalah cara paling ampuh menurunkan angka kematian akibat Covid-19 di kalangan lansia, menurut Kementerian Kesehatan. Antara FotoVaksinasi adalah cara paling ampuh menurunkan angka kematian akibat Covid-19 di kalangan lansia, menurut Kementerian Kesehatan.


KOMPAS.com- Setelah masa libur Lebaran 2021, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan persentase angka kematian Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan.

Berdasarkan data per 15 Mei 2021, persentase angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebesar 2,76 persen.

Seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (15/5/2021), Doni menegaskan bahwa kenaikan angka kematian ini harus dijadian evaluasi penanganan kasus Covid-19 di tingkat nasional maupun daerah.

Epidemilog dari Griffith University Australia Dicky Budiman juga mengungkapkan bahwa kasus kematian Covid-19 di Indonesia sudah stabil tinggi sejak awal.

Baca juga: Persentase Angka Kematian Covid-19 Indonesia Naik, Ini Analisis Ahli

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka kematian Covid-19, kata Dicky, menunjukkan indikator telat, yang artinya kondisi terjadi akibat adanya kebobolan pada deteksinya atau sistem penemuan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Penemuan kasus positif Covid-19 itu tidak hanya melalui testing. Bisa juga dilakukan secara aktif, seperti dari rumah ke rumah," jelas Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/5/2021).

Saat kasus positif Covid-19 ini ditemukan, maka dapat segera dilakukan isolasi dan karantina, sehingga upaya ini dapat menurunkan potensi kematian Covid-19 di Indonesia.

Lebih lanjut Dicky mengatakan bahwa angka kematian akibat Covid-19 yang meningkat menunjukkan keparahan situasi pandemi virus corona saat ini.

Fakta lain yang diungkapkan selain angka kematian Covid-19 yang naik di Indonesia, yakni selama masa Lebaran, pemeriksaan spesimen atau testing juga disebutkan Satgas Penanganan Covid-19 mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Epidemiolog: 10.000 Kematian Covid-19 di Indonesia, Artinya Kita Abai

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X