Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2021, 20:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comHidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air, dan phonic yang berarti pengerjaan. Jika diartikan, hidroponik adalah cara menanam dengan menggunakan media air sebagai media tumbuh. Teknik ini menanam berbagai sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa menggunakan media tanah.

Cara menanam dengan teknik hidroponik cocok untuk menanam dalam lahan yang sempit. Bahkan, Anda bisa memulai bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik hanya dengan memanfaatkan lahan halaman depan rumah, atap rumah, atau lahan lainnya.

Menanam sayuran dengan teknik hidroponik menjadi pilihan untuk menanam sayur terutama di daerah perkotaan yang minim lahan pertanian. Selain itu, teknik ini juga menjadi pilihan untuk mengantisiapsi kondisi alam dan tanah Indonesia yang tidak menentu untuk perkebunan.

Menanam dengan teknik hidroponik tidak hanya bisa dinikmati oleh diri sendiri, namun juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menarik untuk Anda tekuni.

Tanaman yang ditanam juga beragam dan tidak terbatas. Contoh sayur-sayuran yang bisa ditanam dengan metode ini ada selada, sawi, tomat, cabe, terong, bayam, dan pokcoy.

Buah-buahan juga bisa ditanam secara hidroponik, misalnya stroberi, tomat, dan timun. Anda juga bisa menanam bunga seperti anggrek dan gerberra.

Baca juga: Ini Tips Agar Anak Suka Makan Sayur Sejak Kecil

Kelebihan teknik hidroponik

Teknik hidroponik memiliki beberapa keuntungan dibandingkan menanam secara konvensional di media tanah.

Pertama, banyaknya tanaman yang bisa ditanam dengan teknik ini bisa dilipatgandakan karena penggunaan lahan yang sedikit. Sehingga, dengan lahan yang terbatas, Anda masih bisa memanen banyak tanaman.

Kedua, mutu tanaman yang ditanam bisa dijamin dan lebih bersih karena semua faktor pertumbuhan bisa dikontrol, seperti kebutuhan nutrisi yang dipasok sesuai dengan ukuran masing-masing melalui air sebagai media tanamnya. Faktor lain seperti melindungi tanaman dari hujan dan hama juga dalam kendali.

Ketiga, kebutuhan tenaga untuk menanam dan merawatnya lebih sedikit, serta perawatannya yang mudah.

Keempat, tingkat keberhasilan hingga panen sangat tinggi dibandingkan dengan cara menanam konvensional. Hal ini dikarenakan faktor pertumbuhan dapat dikontrol, serta tidak ada resiko kebanjiran, kekeringan, atau kertergantungan dengan kondisi alam lainnya.

Keuntungan lainnya adalah menanam dengan teknik ini tidak bergantung musim tanam atau panen, sehingga tidak ada batasan dalam menanam tanaman yang diinginkan. Serta, harga jual hasil panen hidropnik lebih tinggi dari harga jual hasil panen konvensional.

Kekurangan teknik hidroponik

Walaupun banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari menanam dengan teknik hidroponik, namun terdapat pula beberapa kekurangan. Investasi awal teknik hidroponik ini cukup mahal, karena memerlukan wadah dan sarana khusus untuk menanamnya.

Baca juga: Meski Sedang Wabah Corona, Jangan Cuci Buah dan Sayur dengan Sabun

Kelemahan lainnya adalah memerlukan ilmu dan keterampilan khusus untuk meramu pupuk yang digunakan untuk menanam tanaman dengan teknik ini, agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman yang ditanam.

Selain itu, hidroponik menggunakan sistem nutrisi disirkulasi atau close system, sehingga jika ada tanaman yang terkena patogen, seluruh tanaman bisa rusak dengan cepat akibat terkena patogen yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com