Kompas.com - 14/05/2021, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Panel ahli independen untuk kesiapsiagaan dan respons pandemi (IPPPR) yang diperintahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meninjau bahwa bencana pandemi Covid-19 seharusnya dapat dicegah.

Namun, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 1,5 tahun justru memperlihatkan kegagalan di tingkat nasional dan internasional.

Kajian IPPPR menemukan berbagai masalah dalam penanganan Covid-19. Dari respons awal yang lambat hingga rendahnya kesiapsiagaan.

"Virus corona memperlihatkan dunia yang rentan terhadap efek buruk pandemi, meski sudah ada peringatan dari para ahli terkait ancaman kesehatan global ketika kita menghadapi (wabah) SARS, Ebola, hingga Zika," kata IPPPR, dilansir dari NPR, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: WHO: Varian Covid-19 India, B.1.617, Sudah Menyebar ke 49 Negara

"Covid-19 sebenarnya bencana yang bisa dicegah," kata panel itu saat merilis laporannya.

Belum membaiknya dunia dari tahun lalu menunjukkan sistem yang diterapkan saat ini jelas tidak cocok untuk mencegah penyakit dan patogen baru yang sangat menular, yang dapat muncul kapan saja dan berkembang menjadi pandemi.

Mereka menilai, masalah terkait respnons global menangani pandemi sudah dimulai sejak awal.

Menurut IPPPR, WHO terlalu lama dalam mengumumkan keadaan darurat masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Pasalnya, sejumlah laporan kasus awal sudah ada sejak Desember 2019.

Pemerintah nasional juga membuang-buang waktu, kata laporan itu. IPPPR menyebut Februari 2020 sebagai bulan yang hilang.

Sebab, mereka menilai, saat itu negara-negara seharusnya sudah bisa bertindak cepat untuk mencegah penyebaran virus corona dan mencegah efek terburuk pandemi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NPR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.