Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Mesir Temukan 250 Kuburan Berusia 4.200 Tahun, Ini Isinya

Kompas.com - 12/05/2021, 16:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Arkeolog Mesir menemukan 250 kuburan batu di Suhaj atau Sohag, sebuah kota di tepi barat Sungai Nil, Mesir.

Menurut Kementerian Barang Antik Mesir pada Selasa (11/5/2021), ratusan makam yang itu diperkirakan berusia 4.200 tahun.

"Kami menemukan kuburan dengan beberapa sumur pemakaman, juga kuburan dengan koridor miring yang diakhiri dengan ruang pemakaman," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Usia kuburan berkisar dari akhir Kerajaan Lama hingga akhir periode Ptolemeus," tambahnya seperti dilansir dari AFP, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Arkeolog Mesir Temukan 110 Makam Kuno, Berisi Banyak Jenazah Jongkok

Kerajaan Lama, yang berlangsung sekitar 500 tahun, berakhir pada 2200 SM. Sedangkan Dinasti Ptolemeus Mesir berlangsung selama 300 tahun dan berakhir dengan kematian Cleopatra pada 30 SM.

Mostafa Waziri, kepala Dewan Tertinggi Purbakala, mengatakan satu makam yang berasal dari Kerajaan Lama memiliki sisa-sisa prasasti hieroglif samar dan ruang untuk pengorbanan.

Mohamed Abdel-Badie, seorang pejabat senior barang antik yang memimpin penggalian mengatakan, tembikar dan benda-benda nazar juga telah ditemukan. Benda-benda itu diduga diperuntukkan bagi dewa Mesir kuno.

"Kapal pualam kecil, tulang hewan, dan manusia serta sisa-sisa batu kapur yang bisa menjadi barang bawaan penguburan yang berasal dari Dinasti Keenam juga ditemukan," kata Abdel-Badie.

Baca juga: Hobi Mumikan Kucing, Apa Alasan Orang Mesir Kuno Lakukan Itu?

Kairo telah mengumumkan beberapa penemuan arkeologi baru dalam beberapa bulan terakhir.

Pihaknya berharap dapat menghidupkan kembali sektor pariwisata penting yang dilanda pemberontakan tahun 2011, kerusuhan politik yang sedang berlangsung, serangan jihadis, dan pandemi virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com