Kompas.com - 12/05/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi hujan lebat, cuaca ekstrem akibat dampak siklon tropis Seroja. Badai Seroja masih berpotensi memengaruhi cuaca di Indonesia, dari hujan lebat hingga gelombang tinggi. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi hujan lebat, cuaca ekstrem akibat dampak siklon tropis Seroja. Badai Seroja masih berpotensi memengaruhi cuaca di Indonesia, dari hujan lebat hingga gelombang tinggi.


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi cuaca ekstrem hingga 17 Mei mendatang. Sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama libur Lebaran ini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan dalam rilisnya, Minggu (9/5/2021), berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut, menunjukkan adanya aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO).

Fenomena cuaca ini terjadi di wilayah Indonesia yang teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang ekuatorial lainnya seperti gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial.

"Saat ini, juga teramati pola sirkulasi siklonik di wilayah Indonesia, yakni di Laut Sulu dan Papua Barat yang dapat membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin," jelas Guswanto.

Sementara, kondisi atmosfer masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang dapat menyebabkan pembentukan awan hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: Daftar Potensi Hujan Lebat hingga Banjir Sepekan ke Depan di Indonesia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Kondisi ini dapat menimbulkan potensi hujan lebat maupun hujan dengan intensitas sedang selama masa libur Lebaran saat ini, di antaranya diperkirakan terjadi di wilayah-wilayah berikut.

  1. Prakiraan cuaca 10-12 Mei 2021: Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep.Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.
  2. Prakiraan cuaca 13-15 Mei 2021 : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep.Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.
  3. Prakiraan cuaca 16-17 Mei 2021: Aceh, Kep.Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Waspada awan cumulonimbus hingga gelombang tinggi

Tak hanya diimbau untuk waspada hujan lebat yang dapat terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia sepanjang libur Lebaran ini.

Dampak cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi selama masa libur Lebaran ini juga berpotensi memicu pembentukan awan cumulonimbus hingga gelombang tinggi.

Baca juga: Selain Hujan Lebat Sepekan, Gelombang Tinggi Berpotensi di Wilayah Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X