Kompas.com - 11/05/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi lebah Unsplash/Dustin HumesIlustrasi lebah


KOMPAS.com- Sebuah kabar terbaru datang dari ilmuwan dari Universitas Wageningen di Belanda. Setelah anjing dilatih mengenali penderita Covid-19, kali ini, para ahli tengah melatih lebah untuk mengidentifikasi Covid-19 melalui indera penciumannya.

Studi dilakukan pada lebih dari 150 lebah di laboratorium penelitian bio-veteriner Universitas Wageningen.

Seperti dikutip dari Science Alert, Senin (10/5/2021) para ilmuwan melatih lebah dengan memberikan reward atau hadiah berupa larutan air gula, setiap kali serangga tersebut berhasil mengenali aroma cerpelai yang terinfeksi Covid-19.

Sementara itu, setiap kali lebah terkena sampel yang tak terinfeksi  Covid-19, mereka tak mendapatkan reward. Metode ini dikenal sebagai pengkondisian Pavlovian.

Baca juga: Dikira Punah, Lebah Langka Australia Ditemukan Lagi Setelah 100 Tahun

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan metode tersebut, lebah akhirnya dapat mengidentifikasi sampel yang terinfeksi dalam beberapa detik saja.

Selanjutnya mereka akan menjulurkan lidah mereka seperti jarum untuk mengumpulkan air gula.

Sebagai langkah selanjutnya para ilmuwan tengah mengembangkan prototipe mesin yang secara otomatis dapat melatih banyak lebah sekaligus.

Selanjutnya, ilmuwan juga menggunakan keterampilan para lebah untuk menguji aerosol virus corona penyebab Covid-19 di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Lebah Madu Ternyata Belajar Mengingat Lokasi Bunga dengan Cara Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X