Kompas.com - 10/05/2021, 20:32 WIB
Ilustrasi rambut sehat PexelsIlustrasi rambut sehat

KOMPAS.comBiotin adalah vitamin B7 dan merupakan nutrisi yang secara alami terkandung di dalam beberapa makanan serta tersedia dalam bentuk suplemen. Biotin adalah vitamin larut air yang mengkatalisasi proses metabolisme asam lemak, glukosa, dan asam amino.

Kebanyakan biotin di dalam makanan terkandung dalam protein. Enzim di dalam saluran pencernaan akan memecah biotin di dalam makanan agar bisa diserap tubuh dan disimpan di dalam hati untuk digunakan dalam proses metabolisme.

Biotin dipercaya baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Saat ini, sudah ada beberapa studi yang mendukung pernyataan ini, diantaranya menunjukkan bahwa biotin meningkatkan kesehatan rambut anak dan kesehatan kuku yang rapuh.

Namun, penelitian baru melibatkan sedikit orang. Penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk membuktikan manfaat ini bagi manusia.

Kadar biotin yang diperlukan tubuh

Kadar biotin yang diperlukan tubuh bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Dilansir dari National Institute of Health (29/3/2021), kadar biotin yang diperlukan oleh tubuh adalah sebagai berikut. Pada bayi hingga anak berusia 8 tahun, kebutuhan biotin adalah 5-12 mikrogram (mcg). Konsultasikan dengan dokter anak untuk memenuhi asupan nutrisi ini.

Sedangkan pada orang dewasa, kebutuhan harian biotin mencapai 25-30 mcg. Pada ibu hamil dan menyusui, kebutuhan biotin lebih tinggi, yaitu mencapai 35 mcg biotin per hari.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok agar Tidak Botak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memenuhi kebutuhan harian biotin Anda, Anda perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Biotin sebenarnya banyak terkandung dalam berbagai makanan dalam kadar yang rendah. Jarang ditemukan kasus kekurangan biotin pada pola makan yang normal.

Dilansir dari Medical News Today (6/12/2019), berikut makanan yang kaya akan kandungan biotin.

Hati sapi

Hati sapi mengandung biotin yang sangat tinggi. Hati sapi seberat 85 gram yang telah dimasak mengandung 30,8 mcg biotin. Dengan memakan ini saja, Anda sudah memenuhi kebutuhan biotin harian Anda. Hati sapi, selain mengandung biotin tinggi, juga mengandung zat besi tinggi yang bermanfaat untuk darah.

Telur ayam

Telur ayam juga merupakan salah satu makanan sumber biotin yang baik. Satu butir telur yang telah dimasak mengamdung 10 mcg biotin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X