Kompas.com - 10/05/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi kucing makan UnsplashIlustrasi kucing makan

KOMPAS.com - Kucing memerlukan asupan nutrisi yang baik agar bisa tumbuh sehat. Pada dasarnya, makanan kucing hampir sama dengan makanan yang kita makan. Yang paling penting, kucing harus selalu makan makanan yang matang.

Dilansir dari American Animal Hospital Association, makanan mentah bisa mengandung Salmonella yang bisa berbahaya bagi pencernaan kucing dan manusia. Maka dari itu, semua makanan yang disajikan untuk kucing harus dalam keadaan matang.

Anda juga bisa mengombinasikan makanan basah dan makanan kering untuk diberikan kepada kucing Anda sesuai dengan kesukaan kucing Anda. Perhatikan porsinya agar kucing Anda tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Untuk porsinya, jika Anda ragu berapa banyak porsi yang harus diberikan untuk kucing Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Porsi yang diberikan bisa bervariasi berdasarkan usia dan berat badan kucing.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Penjelasannya

Dilansir dari Pets WebMD (5/3/2020), berikut adalah makanan yang bisa dimakan oleh kucing

Daging

Kucing senang memakan daging yang polos. Mereka membutuhkan protein supaya memiliki jantung yang sehat, penglihatan yang baik, dan sistem reproduksi yang sehat. Anda bisa menyajikan daging rendah lemah dan ayam yang sudah dimasak. Daging mentah bisa membuat kucing sakit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Anda juga perlu menghindari memberikan daging olahan kepada kucing. Daging olahan mengandung garam yang tinggi dan tidak sehat bagi kucing. Contoh daging olahan adalah sosis.

Ikan

Ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk penglihatan kucing. Selain itu, omega-3 juga bermanfaat untuk mencegah artritis, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Anda bisa menggunakan ikan yang sudah dimasak atau ikan kalengan.

Telur

Telur bisa menjadi alternatif sumber protein bagi kucing. Sajikan telur yang sudah dimasak untuk kucing Anda.

Keju

Keju memang bukan makanan yang umum bagi kucing. Namun jika kucing Anda suka, Anda boleh memberikan keju pada kucing Anda. Keju mengandung protein dan kalsium yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X