Kompas.com - 10/05/2021, 09:02 WIB
Sariawan di lidah SHUTTERSTOCK Sariawan di lidah

KOMPAS.comSariawan bisa terjadi dimana saja di dalam rongga mulut. termasuk di lidah. Sariawan di lidah bisa lebih mengganggu dan menyakitkan dibanding sariawan pada pipi atau bibir. Ini karena bibir adalah otot yang terus bergerak terutama saat berbicara dan makan.

Sariawan di lidah bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan makan, kesulitan berbicara, nyeri tenggorokan, dan lidah membengkak.

Sariawan di lidah biasanya berukuran kecil dengan diameter hanya beberapa milimeter. Namun, jika Anda mengalami sariawan yang besar berukuran 1-3 sentimeter, Anda perlu pergi ke dokter gigi spesialis penyakit mulut.

Sariawan di lidah akan berbentuk bulat atau lonjong. Permukaan tengahnya biasanya berwarna keputihan. Sedangkan pinggiran lukanya akan berwarna kemerahan.

Baca juga: 8 Penyebab Sariawan, Bisa Jadi karena Pasta Gigi

Dilansir dari Medical News Today (29/1/2021) ada beberapa penyebab sariawan muncul di lidah.

Lidah tergigit

Terkadang ketika makan, kita tidak sengaja menggigit lidah kita sendiri. Ini bisa menyebabkan sariawan pada lidah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cedera saat di dokter gigi

Perawatan di dokter gigi menggunakan alat yang beragam. Alat ini bisa saja tidak sengaja terkena lidah sehingga menjadi luka trauma yang berkembang menjadi sariawan.

Ortodonti cekat dan retainer

Peralatan ini sering menggunakan bahan dasar logam yang tajam dan bisa melukai jaringan di dalam mulut, termasuk lidah.

Berhenti merokok

Ketika seseorang mengambil langkah besar untuk berhenti merokok, tubuhnya akan memberi beberapa reaksi. Salah satunya adalah sariawan pada lidah.

Alergi makanan

Alergi terhadap makanan tertentu bisa menimbulkan reaksi di lidah dan memicu terjadinya sariawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X